Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Patriot Desa Dilatih 45 Hari

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35389.jpg

    BANDUNG - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, 110 patriot desa yang dilepaskan ke pedesaan telah dilatih selama 45 hari. Mereka diberi pembekalan terkait ekonomi hingga empati.

    "Menggali potensi, mencoba memberdayakan desa. Supaya pemuda di desa tak pergi ke kota," katanya saat Japri di halaman Museum Gedung Sate, Rabu (28/11).

    Ia mengatakan mereka akan ditempatkan selama setahun di desa yang dipilih. "Sebulan di 2019 (Desember), 12 bulan di tahun 2020," katanya.

    Tugas lainnya adalah melakukan pemetaan terhadap kondisi pedesaan. "Orang desa kebiasaannya gimana. Lalu pemetaan sektoral, komoditi apa yang bagus di desa itu agar bisa beri nilai tambah," katanya.

    Lebih lanjut dia katakan, untuk program patriot desa ini pihaknya menganggarkan Rp9 miliar. Setiap patriot akan menerima pendapatan antara Rp3,5 juta hingga Rp5 juta.

    "Mereka ada yang lulusan Korea, Amerika. Hanya menikmati UMR di Jawa Barat, tak lebih dari Rp5 juta," katanya. 

    Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan desa dna meningkatkan jumlah desa mandiri. Dari 5.213 desa di Jabar, baru 37 yang sudah menjadi desa mandiri. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus