Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pencegahan Penularan HIV Melalui Perubahan Tingkah Laku Kunci Percepatan Pencapaian Zero New Infection

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35401.jpg

    BANDUNG- Pencegahan penularan HIV adalah kunci percepatan pencapaian zero new  infection. Dan perubahan 
    perilaku merupakan rekomendas I strategis pencapaian target  SDGs mengakhiri HIV/AIDS tahun 2030. Demikian dikemukakan Teddy Hidayat, yang merupakan Dokter Spesialis Kejiwaan RS Melinda 2.

    Menurut Teddy, saat ini Indonesia tengah berjuang mengendalikan epidemi HIV melalui komitmen global Sustained Development Goals  (SDGs), yaitu dengan mengakhiri epidemi AIDS di tahun 2030 dengan goals menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk dengan strategi zero.

    “Strategi zero  pertama tidak ada infeksi baru HIV, zero kedua  tidak ada kematian akibat AIDS dan yang terkahir tidak ada diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV  tahun 2030,” katanya. 

    Teddy menyatakan, satu hal yang  pasti bukan kegiatan seremonial.,  tetapi focus pada akar permasalahannya dan Program HIV/AIDS di Jawa Barat layak diapresiasi, karena telah menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, terutama dalam hal pelayanan terhadap pasien dan penelitian.

    “Penelitian yang berhubungan dengan pencegahan penularan HIV  adalah test and  treatment (langsungditerapi ARV begitu hasil tes HIV reaktif ),” jelas Teddy, dalam acara The Indonesian AIDS Conference 2019, di Hotel el Royal, Sabtu (30/11).

    Teddy menambahkan, pencegahan penularan HIV melalui PreP atau pemberian ARV sebagai pencegahan dan pemberian Vaccine untuk HIV, masih belum ada di Indonesia. Semua upaya tersebut diatas sudah  baik, namun belum bias menurunkan infeksi baru HIV atau prevalensi HIV /AIDS.

    "Untuk mencapai zero new infection HIV tahun 2030 diperlukan strategi yang mengedepankan inovasi dan kolaborasi," tegasnya.

    Dalam dua tahun terakhir KPA Provinsi Jawa Barat telah memilih tema “Pencegahan Penularan HIV Adalah Kunci Percepatan Pencapaian Zero New Infection dan Perubahan Perilaku Perupakan Rekomendasi Strategis Pencapaian Target SDGs Mengakhiri HIV/AIDS Tahun 2030. 

    Teddy menjelaskan bahwa Hypothesisnya adalah perubahan perilku dapat mencegah penularan HIV, semakin awal pencegahan itu 
    dilakukan semakin baik. Akar permasalahan infeksi HIV adalah perilaku berisiko (high risk behavior) dan remaja dengan perilaku berisiko punya kemungkinan yang lebih besar untuk tertular HIV  dibandingkan dengan remaja yang  berisiko rendah.

    "Pencegahan penularan HIV dapat  dilakukan melalui perubahan perilaku yang erat kaitannya dengan parenting yang dapat mencegah perilaku berisiko, diteksi dini perilaku berisiko dan  intervisi terhadap perilaku berisiko," pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus