Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bersih-bersih Pantai Pangandaran Jelang Jabar International Marathon 2019

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35415.jpg

    KAB. PANGANDARAN -- Tak hanya sekadar event olahraga, Jabar International Marathon (JIM) edisi ke-2 pada Minggu, 1 Desember 2019 mengusung konsep eco-sport touris dengan mengajak peserta untuk membersihkan Pantai Barat (Sunset Beach) satu hari sebelum maraton dimulai.

    Sebanyak 100 dari 2.500 peserta JIM 2019 melakukan kegiatan bersih-bersih pantai pada Sabtu (30/11/2019) dari pukul 07:00 hingga 09:30 WIB.

    Namun sebelum mulai memunguti sampah-sampah yang ada di kawasan Pantai Barat Pangandaran, peserta bersih pantai menghadap ke laut dan bersama-sama menyanyikan lagu Bagimu Negeri karya Kusbini.

    Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rida Nirwana mengatakan, acara ini juga merupakan bentuk kepedulian panitia JIM 2019 terhadap obyek wisata Pantai Pangandaran yang menjadi salah satu pantai terfavorit di Jabar.

    “Ketika pantai bersih, wisatawan akan nyaman dan betah main di pantai,” ujar Rida dalam sambutannya.

    Selain para peserta JIM 2019, kegiatan bersih pantai ini juga melibatkan beberapa komunitas, antara lain Komunitas Panbers dan Komunitas Senam 58 yang sudah terbiasa menjaga kebersihan kawasan pantai di Pangandaran.

    Menurut Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Desiyana Savitri yang juga menjabat Ketua Panitia JIM 2019, bersih pantai sekaligus menjadi acara penyambutan bagi para peserta.

    "Konsep bersih pantai adalah untuk mengajak masyarakat sekitar 'menyambut tamu' yakni para pelari sebanyak 2.500 orang dan diperkirakan akan ada setidaknya 7.500 orang ke Pangandaran dalam 2-3 hari akhir pekan ini," ucap Desi.

    "Selain itu, bersih pantai juga bertujuan membangun kesadaran pantai bersih bagi pengunjung yang melihat saat aktivitas ini berlangsung," tambahnya.

    Lewat kegiatan bersih-bersih Pantai Barat Pangandaran ini, terkumpul 24 kantung berisi sampah. Desi pun menyatakan bahwa pengelolaan sampah pada hari pelaksanaan JIM 2019, Minggu (1/12), pun sudah bekerja sama dengan kelompok masyarakat.

    "Sudah dibangun kerja sama dengan kelompok masyarakat pengelola limbah, terutama limbah plastik," katanya.

    Agenda bersih pantai juga dilakukan untuk menyukseskan JIM 2019 yang bisa membuat peserta bangga dan bahagia berlari di kawasan Pangandaran.

    "Supaya pelari happy dan pengunjung terkesan dengan Pangandaran, jadi Pantai Pangandaran harus siap dan pantai yang menjadi venue harus bersih," ujar Desi.

    Selain konsep eco-sport tourism, JIM 2019 juga mengusung tiga konsep lain yakni reborn, happiness, carnival, dan local engagement.

    Terdapat empat kategori maraton yang diselenggarakan yakni Full Marathon 42K, Half Marathon 21K, 10K, dan 5K. Tak hanya itu, JIM 2019 kali ini menambah event kategori Kid Sprint sejauh 1 kilometer.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus