Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Program Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI(standar kompetensi kerja nasional Indonesia) Bidang Informatika Bagi Angkatan Kerja Muda

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35458.jpg

    Bupati Subang H. Ruhimat, menghadiri sekaligus membuka secara resmi Program Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI (standar kompetensi kerja nasional Indonesia) Bidang Informatika Bagi Angkatan Kerja Muda, Bertempat di Hotel Fave, Ssenin (18/11/2019).

    Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP KOMINFO) Bandung sebagai salah satu unit pelaksana teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika, melaksanakan kegiatan “Sertifikasi Kompetensi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika Bagi Angkatan Kerja Muda” bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang dengan peserta siswa-siswa lulusan SMK jurusan TIK.

    Laporan pelaksanaan SKKNI oleh Kepala BPSDMP Kominfo Bandung Dra. Betty Djuliati menyampaikan Kegiatan ini berupa pelatihan dan sertifikasi kompetensi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang informatika yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Kegiatan ini diperuntukkan bagi angkatan kerja muda yang memiliki latar belakang pendidikan (lulusan) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

    tujuan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI (standar kompetensi kerja nasional Indonesia) untuk membantu anggota kerja muda mendapatkan sertifikat kepemilikan kompetensi standar khususnya SDM lulusan SMK jurusan TIK yang memenuhi prestasi belajar yang baik.

    Sasaran yang ingin dicapai jangka pendek mampu membekali tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi kesepakatan perdagangan bebas Asean, sedangkan sasaran jangka panjang mampu merubah sikap para pemuda untuk terus belajar guna meningkatkan daya saing dan kompetensi diri sendiri maupun kompetensi lingkungan masyarakat sebagai komponen penyusun daya saing nasional.

    Jumlah peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari para lulusan SMK jurusan TIK di Kabupaten Subang dan sekitarnya yang saat ini belum bekerja dan memenuhi persyaratan akademik dengan nilai rata-rata 7,0 atau dinyatakan baik. Kegiatan sertifikasi Kompetensi berbasis SKKNI (standar kompetensi kerja nasional Indonesia) dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 18-22 November 2019, bertempat di Hotel Fave Subang.

    Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan kegiatan sertifikasi berbasis SKKNI seperti ini saya nilai sangat penting dalam mempersiapkan angkatan muda dalam menghadapi pase digital. Dengan adanya kegiatan sertifikasi ini diharapkan akan terwujud SDM angkatan kerja muda bidang teknologi informasi dan komunikasi yang lulus uji kompetensi dan berhasil memiliki sertifikat sebagai bukti kepemilikan kompetensi standar yang dapat dimanfaatkan dalam mencari lapangan kerja dan kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya kita dalam membantu perluasan lapangan dan kesempatan kerja. Saya berpesan kepada para peserta sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar kalian dapat menjadi Junior Network administrator (administrator jaringan) dan Junior web developer (pengembangan web) yang mumpuni.

    Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebagai leading sector bidang komunikasi dan informatika memegang peranan penting dalam menyiapkan program-program strategis guna menghasilkan SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi sehingga siap memasuki pasar kerja di tingkat nasional.

    Bupati Subang berharap kepada para peserta agar mengaplikasi ilmu yang didapat di tempat tinggalnya masing-masing terutama untuk menginformasikan ke dalam dunia digital terkait potensi-potensi ekonomi di desanya masing-masing dalam rangka meningkatkan perekonomian Desa sehingga dapat menjadi katalisator terwujudnya Subang jawara.

    Acara dihadiri Kepala BPSDMP Kominfo Bandung beserta jajaran, Kadiskominfo Kab. Subang, Direktur LSP TIK, Ketua Aspipti, Kabid Informasi Diskominfo Subang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus