Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kolaborasi Wujudkan Mimpi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35504.jpg

    BANDUNG - Sebuah kolaborasi antar berbagai pihak mampu mewujudkan mimpi. Setidaknya hal itu terbukti dalam pembangunan kawasan tangkapan air yang disebut wet land di Cisurupan Cilengkrang Kecamatan Cibiru Kota Bandung. 

    Kawasan kebun tak terawat seluas total 10 ha itu disulap menjadi kawasan yang fungsinya untuk daerah tangkapan air sekaligus tempat wisata alam.

    "Awalnya tidak percaya bisa jadi seperti ini. Tapi alhamadulillah luar biasa melalui kolaborasi kita bisa mewujudkannya" ujar Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana saat meresmikan Wet Land Cisurupan, Selasa (3/12/2019).

    Menurutnya, kawasan wet land Cisurupan merupakan hasil kerjasama atau kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan berbagai komunitas yang peduli pelestarian alam.

    "Jika hanya mengandalkan APBD, gak mungkin bisa terwujud secepat ini. Tapi karena kolaborasi, sekarang ini bisa terwujud. Meskipun sekarang baru berapa persen, tapi sudah bisa difungsikan sebagai daerah tangkapan air menahan banjir di Gedebage" papar Yana.

    Wet Land Cisurupan memiliki total luas lahan 10 ha namun yang baru termanfaatkan baru 4 ha. Selain tempat tangkapan air untuk menahan banjir, kawasan itu juga bisa digunakan sebagai tempat wisata edukasi

    "Silahkan warga setempat memanfaatkan lahan ini untuk menanam apa saja yang bisa digunakan, seperti sayuran, buah-buahan dan lain-lain" pungkas Yana. 

    Peresmian Wet Land Cisurupan berkaitan dengan hari jadi ke-74 PU tingkat Kota Bandung, karena yang menjadi pemrakarsa pembangunan kawasan itu adalah Dinas PU Kota Bandung. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus