Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sambas Basuni: Konservasi Kawasan, Bukan Berarti Protek

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Sambas-Basun.jpg

     

    BANDUNG – Prof. Dr. Ir H Sambas Basuni, Guru Besar Manajemen Kawasan Hutan Konservasi Intitut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan, selama ini banyak terjadi kesalahan persepsi tentang kata Konservasi. Menurut Sambas, arti konservasi sebenarnya adalah pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan orang banyak, dengan manajeman dan pengelolaan yang benar. Hal itu dikatakan Sambas dalam Seminar Sehari tentang Pemanfaatan Panas Bumi, yang digelar Perhimpunan Jurnalis Independen (PJI) Kabupaten Bandung, di Hotel Horison, Sabtu (3/12).
     
    “Konservasi artinya bukan dilindungi dan tidak boleh dimanfaatkan sama sekali. Sangat boleh, tetapi dengan pengawasan dan pengelolaan yang baik, sehingga tidak merusak lingkungan. Namun selama ini banyak presepsi yang salah tentang itu, baik dari pemerintah sendiri maupun di kalangan masyarakat khususnya LSM” ujarnya.
     
    Sambas Basuni juga menjelaskan, bila selama ini ada anggapan bahwa semakin banyak keanekaragaman hayati atau potensi sumber daya alam yang berhasil dilindungi atau diprotek tanpa dimanfaatkan, adalah keberhasilan, sebenarnya juga anggapan yang salah.
     
    “Semakin banyak sumber daya alam atau keanekaragaman hayati yang dilindungi, itu berarti kegagalan. Sebab berdasarkan devinisi konservasi, sumber daya alam dan keanekaragaman hayati itu harus dimanfaatkan sehingga terus bisa berkembang” tegasnya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus