Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sumber Daya Panas Bumi, Energi Yang Masih Tertinggalkan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Ali-Ashat.jpg

     

    BANDUNG – Hingga saat ini, sumber daya alam panas bumi adalah sumber daya alam yang masih tertinggalkan. Hal itu dikemukakan pakar Geothermal ITB, Ir. Ali Ahsat, Dipl. Getotherm. En. Tech, dalam seminar sehari tentang pemanfaatan energi panas bumi di Hotel Horison, Sabtu (3/12). Padahal menurut Ali Ahsat, energy panas bumi adalah energi  andalan. Menurut Ali, banyak kendala yang membuat energi panas bumi itu tertinggalkan.
     
    “Banyak kendalanya yang membuat energi panas bumi itu tertinggalkan. Namun yang paling krusial adalah masalah kepastian hukum. Indonesia ini adalah negara yang seringkali berganti-ganti aturan, mulai dari undang-undang hingga ke peraturan daerah. Ini yang membuat para investor, selalu menunggu dan berhati-hati untuk berinvestasi” ujarnya.
     
    Menurut Ali Ahsat, investai eksplorasi dan eksploitasi panas bumi itu modalnya tidak sedikit. Oleh karena itu para investor akan sangat hati-hati. Selama ini pemerintah juga hanya bisa menjamin kegagalan eksploitasi jika yang melakukan eksploitasi itu perusahaan BUMN, sementara investor non BUMN apalagi asing sama sekali tidak dijamin.
     
    “Kalau nanti ada investor asing yang melakukan eksploitasi tetapi gagal karena perubahan aturan, lalu bagaimana nasib investor itu? Kegagalan eksploitasi kan bisa saja disebabkan oleh perubahan aturan di Indonesia. Artinya, eksploitasi bisa saja tidak bisa dilanjutkan karena ada perubahan aturan dan lain-lain” tegasnya.
     
    Oleh karena itu Ali Ashat berharap agara pemerintah membuat aturan yang baku, namun sebelumnya dilakukan pengkajian yang komprehensif, agar tidak terlalu gampang berubah-ubah.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus