Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BI Talks Diselenggarakan di Kampus Telkom University (Tel’U)

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35529.jpg

    BANDUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat melakukan edukasi kepada mahasiswaUniversitas Telkom melalui kegiatan “BI Talks”dengan Tema “QRIS dan Digitalisasi Pembayaran”, Kamis  (5/12) di Auditorium Universitas Telkom.

    Edukasi ini merupakan salah satu bentuk sinergi anatara KPw BI Jabar dengan Universitas Telkom sebagai upaya untuk mengkomunikasikan salah satu kebijakan BI di bidang sistem pembayaran serta bentuk partisipasi BI dalam mendukung dunia pendidikan.

    Tema ini diambil sejalan dengan maraknya penggunaan QR Code sebagai sarana pembayaran di masyarakat serta telah diluncurkannya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu. Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, diharapkan per 1 Januari 2020 seluruh merchant telah mengimplementasikan QRIS.

    Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025. QRIS yang mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, sekaligus merupakan salah satu respon Bank Indonesia dalam menghadapi era digital.

    Di era dimana teknologi telah merevolusi seluruh aktivitas hidup manusia dan merubah lanskap ekonomi dan industri sehingga dibutuhkan inovasi dan kreatifitas untuk terus maju dan berkembang. Sebagai informasi tambahan saat ini QRIS dapat digunakan sebagai media transaksi yang terkoneksi dengan instrumen kartu kredit, kartu ATM/debit maupun uang elektronik.

    Perkembangan jumlah pengguna ketiga instrumen tersebut di Jawa Barat adalah kartu kredit sebayak 33 juta kartu, kartu ATM/debit sebanyak 314 juta kartu dan Uang Elektronik sebanyak 42 juta kartu dan akun. Adapun saat ini terdapat 23 Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran baik bank maupun non bank yang telah mendapatkan izin QRIS.

    Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Sukarelawati Permana dan Rekor Universitas Telkom Bapak Prof Adi Wijaya.

    Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber adalah Dian Aziza Damhart dari Bank Indonesia, Hari Santosa Sungkari, dari Badan Ekonomi Kreatif serta Panji Mario Novriadi dari LinkAja. Ketiga narasumber tersebut secara bergantian memaparkan mengenai QRIS dan ekonomi kreatif di era digital dari sudut pandang regulator dan pelaku industri sistem pembayaran. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus