Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rumah Zakat Dinobatkan Menjadi Tempat Uji Kompetensi Penanggulangan Bencana

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35607.jpg

    BANDUNG - Rumah Zakat dinobatkan menjadi Tempat Uji Kompetensi Penanggulangan Bencana (TUK PB) oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana. Dalam hasil uji kelayakan, Rumah Zakat berhak mengadakan uji kompetensi di lima bidang, yaitu Kaji Cepat, Distribusi Bantuan, Pencarian dan Penyelamatan Korban, Pusat Data dan Informasi, serta Hunian (shelter).

    “Tempat Uji Kompetensi Penanggulangan Bencana Rumah Zakat ini terbuka bagi siapapun para pegiat kemanusiaan di luar lingkup relawan Rumah Zakat. Maka dari itu, mari kita bersama-sama mencetak sumber daya manusia yang handal dalam menyikapi kebencanaan dan krisis kemanusiaan,” kata Murni, Chief Program Officer Rumah Zakat, Rabu (11/12).

    Murni menambahkan, para pegiat peduli kebencanaan dan krisis kemanusiaan harus memiliki lisensi sehingga layak diturunkan ke lokasi bencana. Dengan demikian, prinsip aman dalam menolong bisa terpenuhi, sepeti aman diri, memiliki wawasan lingkungan yang aman dan memiliki pegetahuan dalam melakukan pertolongan.

    “Jika terjadi bencana, masyarakat kita biasanya langsung mendatangi lokasi bencana dengan niat ingin menolong, memang tidak ada yang salah dalam hal tersebut. Akan tetapi, jika tidak didukung oleh keahlian dan pengetahuan mengenai penanganan kebencanaan, akhirnya akan terjadi wisata bencana,” kata Nurman, Relawan Rumah Zakat.

    Menurut Nurman, menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dalam hal penanganan bencana sangat penting dilakukan. Hal tersebut dikarenakan berhubungan langsung dengan keselamatan manusia. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus