Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tingkatkan Literasi Pasar Modal, SBM ITB Tuan Rumah NCMC 2019

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35609.jpg

    BANDUNG - Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menunjukan saat ini secara umum literasi investasi trennya mengalami kenaikan. Namun, untuk literasi pasar modal harus diakui, masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan literasi investasi bidang lainnya.

    Terkait dengan hal tersebut, sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi akan pasar modal khususnya dikalangan para mahasiswa, 12 - 13 Desember 2019 MBA - ITB mengadakan National Capital Market Championship (NCMC) 2019. 

    "NCMC adalah lomba dalam bidang pasar modal  dengan peserta mahasiswa seluruh perguruan tinggi di Indonesia" Ujar Direktur MBA ITB, Subiakto Sukarno. Kamis (12/12/2019)

    Menurutnya, lomba ini sudah berjalan sejak 2013 dengan tuan rumah bergantian antar perguruan tinggi. Awalnya dikenal dengan 
    Kompetisi Nasional Pasar Modal (KNPM), sekarang menjadi NCMC. Tujuannya, tegas Subiakto, adalah untuk meningkatkan literasi pasar modal dan meningkatkan partisipasi di pasar modal Indonesia.

    "NCMC 2019  ini, dimulai pada April 2019 berjalan dari perguruan tinggi masing-masing dan berakhir dengan masa final di SBM ITB pada tanggal 12-13 Desember 2019" ujarnya.

    Dalam NCMC 2019 ini, terangnya, diikuti oleh sebanyak 505 peserta dari 48 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Adapun kategori lomba nya dibagi menjadi tiga yakni Beauty Contest (penulisan paper), Online Theory (Tes teori pasar modal secara online) dan Online Trading (lomba perdagangan pasar modal pasar  modal). 

    "Dari 505 peserta, di final diikuti oleh 100 finalis dari 24 perguruan tinggi termasuk peserta dari SBM ITB baik jenjang S1 maupun MBA" ujarnya.

    Subiakto menambahkan, selain acara Final kompetisi, juga akan dilaksanakan acara seminar nasional  dengan tema "strategi investasi dalam menghadapi industri 4.0 dan tekanan gejolak ekonomi global". Adapun para pembicara dalam seminar ini dari Phillips Sekuritas, Bursa Efek Indonesia, Calon Emiten Bursa Efek (Persib), dan Akademisi (SBM ITB). 

    "Saya berharap output dari NCMC ini bisa meningkatkan literasi pasar modal tidak hanya dikalangan mahasiswa tapi juga masyarakat secara luas" pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus