Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peningkatan Literasi Menjadi Tema TEPAS

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35958.jpg

    BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima berbagai masukan dari masyarakat dalam program TEPAS atau temu pimpinan untuk aspirasi masyarakat di Gedung Pakuan, Jumat (10/01/2020). TEPAS kali ini mengangkat tema peningkatan minat baca atau literasi masyarakat.

    Dalam paparannya, Kang Emil, demikian akrab dipanggil, menjelaskan salah satu ancaman atas keutuhan bangsa adalah karena banyak informasi hoaks, disisi lain masyarakat lebih banyak mempercayainya. Hal itu menurutnya karena tingkat literasi masyarakat masih rendah.

    “Tercatat dalam setahun ada 5000 hoaks berseliweran melalui media sosial dan lainnya. Artinya ada konsumennya, siapa? Yakni masyarakat yang tidaksuka membaca, hanya katanya-katanya saja, tanpa konfirmasi, ini masih banyak,” tegasnya.

    Menurut gubernur, membaca kadang dianggap hal sepele tetapi ternyata sangat penting untuk memajukan sebuah bangsa. Ia menyontohkan Jepang yang tingkat literasinya tinggi serta masyarakatnya gemar menulis, menjadi negara sangat maju.

    “Hoaks menyasar orang bodoh, agar pintar harus suka membaca. Negara ini dijaga dengan sila ke tiga Pancasila, tabayun dan gemar membaca,” tegasnya.

    Untuk itu perlu berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Jabar sendiri sudah memiliki program untuk itu, antara lain menyebarkan kolecer ke berbagai wilayah di Jawa Barat. 

    Dalam acara tersebut hadir pula Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat, Plh SekdaJabar Daud Ahmad dan Kadiskominfo Jabar Setiaji. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus