Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Enam Pesan Jusuf Kalla untuk Tingkatkan Produktifitas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35986.jpg

    BANDUNG – Lebih cepat lebih baik, adalah slogan yang kental dengan Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden RI dalam menjalankan roda pemerintahan maupun bisnis keluarganya. Dalam orasi ilmiah di acara penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa di ITB, Jusuf Kalla menyebutkan sejumlah langkah yang dapat ditempuh untuk bisa lebih cepat dan lebih baik.

    Orasinya berjudul “Mendorong Produktifitas, Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa” menurutnya sangat kental dengan slogannya “Lebih Cepat Lebih Baik”.

    Sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk mencapainya disampaikan dalam orasinya itu di hadapan tamu undangan. Nampak tamu undangan adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mantan Menteri KKP Susi Pujiastuti dan sejumlah pejabat lain serta sejumlah rektor.

    Enam langkah itu adalah pertama pentingnya keberanian dan ketegasan untuk memulai dan mengambil risiko. Kedua, pentingnya kualitas sumber daya manusia. Ketiga, pentingnya manajemen dan akumulasi knowledge.

    Keempat, pentingnya peran entrepreneur. Menurut Kalla, sebenarnya ada begitu banyak bakat, otak cerdas, semangat dan keahlian dimiliki masyarakat Indonesia. Sayangnya berbagai kemampuan tersebut seringkali berjalan sendiri- sendiri sehingga tidak berdampak bagi peningkatan produktivitas ekonomi. Diperlukan entrepreneur yang mampu melihat peluang dan menggabungkan potensi-potensi tersebut untuk berkolaborasi.

    Kelima adalah pentingnya peranan Perguruan Tinggi dan kenam, dan keenam adalah pentingnya wisdom.

    Di era yang cepat berubah ini, kita harus dapat menyesuaikan diri bahkan berusaha untuk ikut menjadi dirijen perubahan. Tetap di tempat atau berjalan lambat berarti tertinggal. Inovasi untuk meningkatkan produktivitas tidak boleh berhenti, dan ini memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni.

    “Karena itulah, saya tidak pernah berhenti menyuarakan pentingnya kita memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia,” jelasnya. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus