Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur dan Menteri PUPR Tinjau Terowongan Nanjung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_35991.jpg

    BANDUNG -  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan ke berbagai titik lokasi langganan banjir di kawasan Kabupaten Bandung, salah satunya melihat operasional curug Jompong atau Nanjung di Kabupaten Bandung.

    Sebelum memulai kunjungan, Menteri PUPR Basuki Hadilmujono mengatakan terowongan Nanjung ternyata sangat berguna untuk menekan banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung. Hal itu terbukti dengan hilangnya banjir di kawasan langganan banjir Bandung Selatan.

    “Pengalaman Desember tanggal 17 kemarin curah hujannya sangat tinggi, Jakarta Banjir. Di Bandung, curah hujan juga tinggi. Dari biasnaya 300 mm, dan itu sudah banjir, kemarin hujan lebih tinggi mencapai 400 mm, tapi tidak banjir di dayeuhkolot, artinya berhasil,” kata dia di ITB, senin (13/01/2020)

    Ia mengatakan saat curah hujan tinggi, bukan berarti Citarum tidak meluap. Bahkan luapannya juga sangat cepat. Saat itu, ketika luapan hampir meluber, curug jompong langsung dibuka.

    “Dalam waktu lima jam, air Citarum berangsur surut, bahkan sampai turun 80 centimeter. Banjir tidak terjadi. Memang masih ada genangan, kita akan bangun embung disekitar cekungan. Tetapi artinya, terowongan nanjung ternyata efektif,” tegasnya.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kemudian mengajak menteri PUPR untuk melihat langsung kondisi terowongan, serta melihat lokasi langganan banjir di Bandung Selatan serta Gedebage. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus