Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Job Fair Sistem Penempatan Satu Kanal ke Negara Arab Saudi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_36491.jpg

    Asisten Administrasi bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda  Kabupaten Subang Asep Nuroni, S.Sos., M.Si hadir dan membuka secara langsung kegiatan jobfair sistem penempatan satu kanal (SPSK) ke negara Saudi Arabia dan Penempatan Pekerja  Dalam Negeri dan penempatan  Pekerja Luar Negeri Bertempat di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten SubangRabu (12/02/2020).

    Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Direktur penempatan tenaga kerja dalam negeri Kementerian tenaga kerja RI Lili Setiyarini, Wakil pengadilan Negeri Subang Derman P Nababan, SH., MH, Dandim/ yang mewakili, Kapolres/ yang mewakili, Sekjen Apjati, para perusahaan tenaga kerja, karyawan/karyawati Disnakertrans serta para peserta Jobfair.

    Laporan Penyelenggara kegiatan Kadisnakertrans Kabupaten Subang H.Kusman Yuhana, M.Si menyampaikan maksud dilaksanakannya acara jobfair adalah untuk mempertemukan antara pencari kerja dan perusahaan secara langsung sehingga mempermudah proses penempatan dalam maupun luar negeri sedangkan tujuan jobfair adalah untuk memfasilitasi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat minat dan kemampuannya dan membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan serta untuk mengurangi angka pengangguran.

    Diinformasikan untuk penempatan dalam negeri di wilayah kabupaten Subang hampir seluruh perusahaan di wilayah Subang berperan aktif terhadap penyerapan tenaga kerja asal kabupaten Subang. Adapun untuk penempatan luar negeri Kabupaten Subang sangat memperhatikan calon pekerja migran yang akan bekerja di luar negeri dengan didirikannya layanan terpadu Satu Atap (LTSA). Dimana pengurusan seluruh dokumen dimulai dari dokumen kependudukan sampai penerbitan paspor dilakukan di satu tempat yaitu di LTSA.

    Masyarakat juga diharapkan mengetahui bahwa tidak semua perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia bisa melayani tapi hanya 54 perusahaan. Calon pekerja migran Indonesia diharapkan akan lebih merasa nyaman bekerja di Saudi Arabia dengan SPSK ini karena sistem ini berbeda dengan sistem yang telah dilakukan selama ini,  dengan siatem ini pekerja migran Indonesia tidak lagi tinggal di rumah majikan tapi ditempatkan di asrama saat bekerja akan diantar jemput oleh pihak perusahaan sehingga waktu bekerja tidak akan menyalahi kontrak kerja yang telah disepakati.  Kami berharap dengan adanya Jobfair ini semua pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan.

    Dalam sambutannya Asisten administrasi  bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat membacakan sambutan Bupati Subang menyampaikan dalam hal penempatan tenaga kerja di dalam negeri pemerintah daerah Kabupaten Subang terus berupaya fasilitasi dan menciptakan iklim usaha yang kondusif serta berupaya untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi pengusaha atau investor untuk berinvestasi di Kabupaten Subang sehingga masyarakat mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk mendapatkan pekerjaan. Pemerintah Daerah Kabupaten Subang terbantu dengan adanya sistem penempatan satu kanal secara online untuk tujuan ke Kerajaan Arab Saudi. Kami berharap dalam penempatan tenaga kerja ke Arab Saudi tidak terjadi kasus ketenagakerjaan yang menimpa pekerja migran Indonesia asal Subang. Dengan sistem online yang terintegrasi langsung antara pemerintah Republik Indonesia dengan kerajaan Arab Saudi dari mulai informasi pendaftaran, seleksi, penempatan dan pemulangan di bawah kendali pemerintahan republik Indonesia diharapkan dapat memberikan perlindungan maksimal bagi seluruh pekerja migran Indonesia asal Subang di Arab Saudi.

    Saya berharap dengan adanya kegiatan Job Fair ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak mungkin sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Subang sehingga tingkat pengangguran terbuka semakin menurun. Selain itu semoga Kegiatan ini dapat meminimalisir kegiatan oknum atau calo Ketenagakerjaan dan tidak bertanggung jawab.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus