Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Global Warming dan Cyber Attack Menjadi Perhatian Dunia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_36556.jpg

    Sebagai garda terdepan, TNI Angkatan Udara harus mampu melihat berbagai permasalahan dari sudut pandang pertahanan. "Global warming dan cyber attack menjadi perhatian dunia dan penting untuk kita pahami sebagai insan dirgantara," jelas Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi saat Upacara Bendera 17an di Lapangan Widya Ambara, Seskoau, Lembang. Senin (17/2). 

    Global warming mengakibatkan climate change, sehingga bencana alam semakin rentan terjadi, khususnya bagi negara yang berada di kawasan Pasific Ring of Fire seperti Indonesia. Artinya, lanjut Kasau, kesiapan TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan OMSP menjadi hal krusial guna mengatasi bencana alam tersebut. "Pembangunan kekuatan dan kemampuan kita fokuskan pada penanganan kebakaran hutan, teknologi modifikasi cuaca, kemampuan medis, water container bombing dan berbagai kemampuan lainnya," ujarnya yang rencananya akan mendatangkan pesawat amphibi, helikopter combat SAR dan lain sebagainya untuk pemenuhan alutsista.

    Kemudian mengenai cyber attack yang berkaitan dengan perkembangan teknologi digital, informasi dan komunikasi dapat bersifat destruktif apabila organisasi tidak mampu memanfaatkan secara baik dan tepat. "Semakin bergantung pada teknologi digital, maka semakin besar dampak cyber attack terhadap digital failure yang dapat menghancurkan organisasi," tegasnya.

    Tidak ada cara lain, selain TNI Angkatan Udara secara totalitas mengambil manfaat dari teknologi digital dengan tidak hanya menitikberatkan pada platform-centric tetapi juga network-centric. Rencana kedepannya akan dibentuk satuan cyber untuk meningkatkan cyber awareness prajurit TNI Angkatan Udara sehingga dapat membendung dampak negatif dari perkembangan teknologi digital. 

    Menghadapi era yang semakin unpredictable, Kasau mengajak untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat, memberi respon yang akurat dan bertindak secara tepat. "Semua tidak akan tercapai jika kita berpikir business as usual, sehingga hanya terjebak dalam rutinitas biasa," tegasnya. TNI Angkatan Udara tidak meminta banyak dari seluruh prajuritnya, melainkan apa yang sudah menjadi tugas masing-masing untuk selalu dipelajari, menemukan celah-celah kekurangan untuk berinovasi langkah perbaikan dan lakukan upaya terbaik demi tercapainya tujuan TNI Angkatan Udara.

    “Kalian adalah aset utama dan paling berharga yang dimiliki TNI Angkatan Udara,” ungkap Kasau tanpa memandang pangkat, golongan, kejuruan dan dimanapun bertugas tetap memiliki peran yang krusial dalam memastikan berputarnya roda organisasi TNI Angkatan Udara. Setiap peran yang dijalani, lanjutnya, memiliki andil untuk turut membantu tegaknya kedaulatan NKRI. “Bekerjalah secara profesional sesuai bidangnya, militan tanpa pamrih dan inovatif dalam menghadapi segala tantangan tugas yang tidak semakin ringan,” katanya dengan berlandaskan bekerja ikhlas, bekerja cerdas dan bekerja keras.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus