Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    OPD di Jabar Harapkan Gunakan Layanan AWS

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_36678.jpg

    KOTA BANDUNG- Perwakilan masing-masing OPD Provinsi dan Kab/Kota menghadiri kegiatan workshop yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat.

    Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Setiaji mengatakan, kegiatan bersama dengan Amazon Web Service (AWS) bertujuan untuk memaparkan solusi terkait penggunaan layanan cloud service dari AWS bagi pemangku kepentingan dan Smart City di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi, Kota dan Kabupaten se Jawa Barat.

    “AWS merupakan perusahaan penyedia jasa penyimpanan data online pelatihan dari Amerika Serikat. Saat ini kami juga sedang memanfaatkan fitur-fitur di AWS mulai dari menganalisis data trasportasi seperti kemacetan, titik-titik banjir,” ucapnya.

    Menurut Setiaji, fitur-fitur di AWS mulai dari menganalisis data trasportasi seperti kemacetan, titik-titik banjir bisa dimanfaatkan untuk mengisi konten-konten di command center yang ada di masing-masing dinas yang saat ini masih sangat minim konten-konten yang ada.

    “Kita juga ada program training terhadap guru-guru SMK, harapannya mereka bisa memberikan pembelajaran kepada yang lebih baik, traning kepada anak-anak SMK termasuk beberapa lulusannya sehingga diharapkan nanti anak murid kita di Jabar yang saat ini masih PR, karena menurut statistik vokasional menyumbang pengangguran paling banyak,” ucapnya.

    Setiaji menyatakan, saat ini Jawa Barat sudah memiliki Jabar Cloud yang juga menggunakan AWS dan diharapkan nantinya Kota dan kabupaten di Jawa Barat bisa memanfaatkannya.

    “Saat ini kota dan kabupaten maupun OPD yang meminta untuk bisa masuk ke Jabar Cloud. Dengan adanya ini biasanya kita butuh 2 minggu untuk pasang server, instalansi sama dengan running. Ini merupakan upaya yang simple dan mudah sekali untuk menggunakannya,” kata Setiaji, dalam workshop di Hotel Four Point, Selasa (25/02/2020). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus