Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    326 Aduan Terkait Hoaks Covid-19 Terpantau Jabar Saber Hoaks

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_36846.jpg
    BANDUNG - Era digital dimana komunikasi masif dilakukan lewat gawai menghadirkan tantangan tersendiri, yakni bagaimana setiap orang membentengi diri dari informasi bohong alias hoaks.
     
    Lantas, apa yang harus dilakukan jika informasi tersebut sudah tersebar di masyarakat? Bagi warga Jawa Barat, kehadiran Tim Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks menjadi garda terdepan dalam mengklasifikasikan apakah berita tersebut adalah misinformasi atau fakta.
     
    Sejak awal tahun 2020 hingga 4 Maret 2020, Jabar Saber Hoaks telah menerima 867 aduan yang masuk dari masyarakat. Dimana 37.6% diantaranya terkait dengan virus corona, yaitu sebanyak 326 aduan.
     
    Dalam tiga hari terakhir, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ada dua WNI yang positif virus corona pada 2 Maret 2020.  Terjadi peningkatan aduan terkait  virus corona sebesar 44.5%. Yaitu sebanyak 145 aduan dari 326 aduan yang masuk terkait dengan informasi virus corona.
     
    Dari 326 aduan yang masuk, JSH mengidentifikasi 54 hoaks terkait dengan virus corona, sisanya adalah aduan yang berulang dan aduan yang hasil klarifikasinya adalah BENAR.
     
    Untuk menghindari misinformasi yang beredar di masyarakat, Jabar Saber Hoaks menghimbau masyarakat untuk tidak mudah mempercayai semua informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya. Pastikan dan cari dulu kebenarannya dari media-media yang terdaftar di Dewan Pers. 
     
    Selain itu, jangan sebarkan lagi informasi yang belum jelas kebenarannya, STOP di diri anda saja. Karena jika disebar lagi maka hanya akan menimbulkan kepanikan di masyarakat. Jo
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus