Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wabah Covid 19 Turunkan IHSG, Gimana Dengan Pasar Modal Jabar?

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_36962.jpg

    KOTA BANDUNG- Merebaknya Wabah Covid 19 yang saat ini telah menyebar ke sejumlah negara di didunia telah menurunkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga 13, 44 persen dan kapitalisasi pasar turun mencapai Rp960 triliun.

    Meski begitu Kepala IDX Incubator Jawa Barat, Achmad Dirgantara menyatakan, pasar modal di Jawa Barat masih tumbuh positif hingga 13 koma 76 persen dibanding tahun 2019 lalu.

    “Per Februari 2020, jumlah investor di Jawa Barat tumbuh 13,76%, kita himbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan krisis Covid 19 ini,” kata Achmad, dalam Workhop Pasar Modal di Kantor IDX, Kamis (12/03/2020).  

    Menurut Achmad, masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya kasus Covid 19 ini karena Bursa Efek Indonesia bersama Bank Indonesia telah melakukan berbagai antisipasi, salah satunya dengan sistem suspent.

    “Untuk mengatasi efek dari Covid 19 ini berbagai peraturan dibuat untuk relaksasi pasar, diantaranya buyback tanpa persetujuan rups hingga haulting atau penghentian saat penurunan harga,” ucapnya.

    Achmad menyatakan, penurunan tersebut sebenarnya tidak hanya terjadi akibat Covid-19, tetapi juga beberapa hal lainnya seperti turun drastisnya harga minyak.

    “Jadi faktor eksternal penurunan ini tidak hanya karena Covid 19 saja tapi banyak faktor lain, seperti naiknya harga minyak, keluarnya Inggris dari Uni Eropa kasus Timur Tengah dan lainnya,” ujarnya.

    Berdasarakan data IDX bahwa transaksi saham di Jawa Barat hingga saat ini masih cukup tinggi yaitu mencapai Rp5,678 triliun dengan volume 125,1 juta lot. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus