Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sektor Perikanan Di Jabar Tahun 2012 Targetkan Tingkatkan Penyerapan Naker

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Ahmad-Hadadi1.jpg

    Kadis Perikanan Jabar, Ahmad Hadadi dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (30/12) mengungkapkan berdasarkan evaluasi sepanjang tahun 2011, di sektor perikanan peluang tenaga kerja masih terbuka, oleh karenanya di tahun 2012 ditargetkan sektor perikanan kembali dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja (Naker).

    Merujuk kepada pengalaman di tahun 2011, jumlah produksi ikan mengalami kenaikan sehingga di tahun 2012 jumlah produksi ikan ditargetkan dapat meningkat 20% dari tahun sebelumnya. Seiring dengan prediksi peningkatan jumlah produksi ikan, maka kegiatan yang berorientasi pada kegiatan budidaya ikan juga akan bertambah sehingga kegiatan tersebut juga berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

    Kondisi eksisting saat ini, peluang kesempatan kerja di sektor perikanan salah satunya nampak dalam kegiatan renovasi tambak ikan yang berlokasi di Pantura. Di lokasi tersebut, untuk areal 1 Ha saja, dibutuhkan tenaga kerja minimal 10 orang. Untuk kepentingan renovasi tambak tersebut, luas areal yang tersedia mencapai 75  Ha.

    Di sisi lain, peluang penyerapan naker di sektor perikanan juga ada dalam industri pengolahan perikanan. Dengan demikian, dalam mendorong pembangunan sektor perikanan untuk tahun 2012  akan dilaksanakan mulai dari hulu hingga hilir.

    Industri pengolahan perikanan, yang dikembangkan memprioritaskan home industri yang dikelola pada umumnya oleh pelaku UKM.

    Kondisi naker yang bergerak di sektor perikanan saat ini tercatat : budidaya ikan sebanyak 600.000 orang,  kegiatan tangkap ikan 100.000 orang dan pengolahan ikan sebanyak 20.000 orang. Di tahun 2012, ujar Ahmad diharapkan di semua kegiatan tersebut dapat meningkatkan penambahan penyerapan naker minimal 2%. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus