Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Modul "Selalu Mendampingi Dirimu" Demi Tekan Kasus Covid-19

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_37236.jpg

    KOTA BANDUNG- Masalah COVID-19 berdampak cukup besar dan luas hingga menyasar sebagian sendi-sendi kehidupan manusia.

    Dokter Spesialis Kejiwaan RS Melinda 2, Teddy Hidayat mengatakan, menurut penjelasan dosen matematika ITB, bila dilakukan intervensi dengan baik prediksi jumlah penduduk Indonesia yang akan tertular sebanyak 8000 orang, gejala ringan atau self-limited 80%, sedang perlu perawatan 20% dan yang meninggal 4%. 

    "Penyakit COVID-19 menyebar dengan cepat karena penularannya melalui droplet infection yang sulit dicegah dan obat serta vaksin COVID-19 sampai saat ini masih belum ditemukan," kata Teddy, kepada www.jabarprov.go.id, Rabu (01/04/2020).

    Oleh karena itu menurut Teddy upaya pencegahan penularan hanya mungkin dilakukan dengan merubah perilaku; isolasi, jaga jarak sosial dan mencuci tangan dengan sabun, dan ini menuntut kedisiplinan masyarakat. 

    "Besarnya angka kematian COVID-19 ditentukan oleh kualitas layanan kesehatan yang tersedia di tempat tersebut; seberapa banyak tenaga ahli medis dan fasilitas. Di Cina angka kematian 3,4% dan di Itali 7% dan di Indonesia (?) semoga tidak lebih tinggi," jelasnya. 

    Menurut Teddy, melihat kenyataan masyarakat saat ini yang tengah prihatin dilanda darurat kemanusiaan pandemik COVID-19 yang menelan banyak korban dan menimbulkan kecemasan serta kepanikan, sejumlah komunitas, seperti TPKJM Pemprov Jabar, ITB, LPPM ITB, PusdiInfeksi FK UNPAD/RSHS, RS Melinda 2, Klinik Utama Surya Medika Jatayu 76, Lundbeck Export A/S, Komunitas DEKAP dan RUANG TENGAH melakukan berbagai upaya.

    "Mulai 1 April 2020 kita melakukan Pendampingan oleh relawan dengan Modul SeMeDi (Selalu Mendampingi Dirimu) pada pasien COVID–19. Layanan Art psychotherapy-ITB pada pasien COVID–19 dan Intervensi Psikososial melalui Aplikasi pada Pasien COVID-19," ucapnya.

    Teddy berharap sumbangsih ini bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mengatasi bencana kemanusiaan yang tengah melanda masyarakat. 

    "Untuk melayani layanan pendampingan oleh relawan dan psikoterapi seni, silahkan kirimkan PESAN melalui INSTAGRAM ketik.hasaka atau untuk mengetahui informasi lebih lanjut silahkan hubungi hotline 081.827.2255," jelasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus