Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ada Kapsul Waktu di Hardiknas Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_37638.jpg

    BANDUNG - Ada yang berbeda dengan peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 di Jabar. Selain upacara peringatannya dilakukan secara virtual atau video conference karena wabah covid 19, juga ada hal menarik dalam upacara itu, yakni kapsul waktu. Ya kapsul waktu adalah benda silindris mirip roket setinggi kurang lebih 50 CM dan bagian ujung atau atasnya bisa dibuka untuk memasukan benda lain. 

    Nah dalam peringatan Hardiknas Jabar 2 Mei 2020 di Gedung Pakuan, secara simbolis, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Ketua PKK Jabar Atalia Praratya Kamil memasukan semacam catatan pribadi yang berisi harapan Jawa Barat dan dunia pendidikannya ke depan. Uniknya, ide dari Gubernur itu, kapsul waktu itu nantinya akan dibuka kembali tahun 2045! Wow.

    "Iya ini ide dari Pak Gubernur, Beliau ingin generasi saat ini memberi pesan kepada generasi nanti tentang harapan atau catatan sejarah  agar bisa menjadi pelajaran untuk generasi akan datang" ujar Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika di Gedung Pakuan, Sabtu (2/5/2020).

    Selain ada kapsul waktu, dalam peringatan Hardiknas tingkat Jabar itu yang berbeda adalah upacaranya yang dilakukan secara virtual. Di Gedung Pakuan dihadiri Gubernur dan beberapa Kepala Dinas, mereka duduk berjarak, sementara di empat wilayah yang mewakili Jawa Barat, hadir lebih dari seribu peserta yang mengikuti acara melalui layar atau monitor video jaringan internet. Tentu saja tidak ada tata upacara layaknya upacara biasa seperti pengibaran bendera, laporan komandan upacara dan lain-lain. Peringatan hardiknas virtual ini hanya berisi laporan Kadisdik Jabar, dan sambutan Gubernur Jabar.

    "Pendidikan adalah cara bagaimana kita mengestafetkan pengalaman dan pemikiran kita kepada generasi berikutnya. Hari ini kita yang ditakdirkan sejarah mengalami wabah covid 19, kita beritahu generasi mendatang tentang bagaimana kita bersama-sama menghadapinya" kata Gubernur dalam sambutannya. 

    Tema peringatan Hardiknas 2020 adalah 'Belajar Dari Covid 19'. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus