Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembangunan Masjid Salman Rasidi Terkendala Covid-19

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_37881.jpg

    KOTA BANDUNG- Yayasan Pembina Salman ITB melalui badan pengelola asetnya, Badan Wakaf Salman ITB terus berupaya untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Salman Rasidi di Kompleks Rumah Sakit Salman Hospital di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, ditengah pandemi Covid-19.

    Direktur Eksekutif Wakaf Salman ITB, M. Khirzan N. Noe'man mengatakan, pembangunan Masjid Salman Rasidi saat ini sudah mencapai 90 persen yang lebih kepada pembangunan fisik dan eksterior dengan total biaya yang sudah dikeluarkan mencapai Rp. 4 miliar.

    "Kita baru menyelesaikan bagian utama masjid dan bagian luar masjid serta pemasangan pintu dan jendela masjid," kata Khirzan, melalui rilis yang diterima www.Jabarprov.go.id, Kamis (21/05/2029).

    Menurut Khirzan, untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Salman Rasidi hingga tuntas dibutuhkan biaya hingga Rp. 7 miliar yang diperuntukan bagi penyelesaian interior hingga sound system masjid dengan biaya yang tidak sedikit yang saat ini terkendala akibat pandemi Covid-19.

    "Pembangunan masjid sat ini harusnya sudah selesai tapi terkendala menyusul  merebaknya pandemi COVID-19, sehingga penghimpunan dana untuk pembangunan masjid ini terhenti dan dialihkan untuk ikut membantu penaganan Vovid-19. Masjid ini kini menunggu uluran tangan Sahabat Penderma," ucapnya.

    Khirzan menyatakan, Wakaf Salman ITB tidak bisa sendirian menghimpun dana untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan Masjid Salman Rasidi tanpa dukungan Sahabat Penderma. Berapapun donasi yang akan diberikan sangat berarti. 

    "Kita anggap saja 60 ribu Sahabat Penderma berpartisipasi dalam program Wakaf Masjid Salman Rasidi ini. Jika setiap orang menyumbang Rp 100.000,00 saja, akan sangat membantu penyelesaian masjid ini. Masyarakat bisa mendonasikan melalui Bank Syariah Mandiri No. 700-100-1234 a.n. YPM Salman ITB atau konfirmasi donasi : 0822-6087-8884," tuturnya.

    Desain masjid Salman Rasidi terinspirasi dari bangunan lumbung padi masyarakat Sunda (Leuit) yang melambangkan kebersamaan dan kemakmuran dimana konsep masjid juga bemuansa tropis dimana sirkulasi udara diatur sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan pendingin ruangan.

    Masjid ini di desain oleh Ir. Agus Kumiawan, seorang arsitek lulusan ITB dan sekaligus alumni Masjid Salman ITB, dengan konsep tropis ini beliau ingin menghemat energi. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus