Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan Ikuti Kegiatan Panen Raya Rumput Laut

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/panen-rumput-laut-1.jpg

    INDRAMAYU-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terjun ke dalam tambak bersama pembudidaya rumput laut melakukan panen raya perdana Gracilaria sp di Desa Cangkring Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu, Selasa (17/1) pagi.

    Kegiatan panen rumput laut Gracilaria sp. adalah bagian dari rangkaian Program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Pantura Jawa Barat melalui Pengembangan Bisnis Budidaya Rumput Laut Gracilaria  sp. secara Terpadu (PPMP). Program PPMP yang dilaksanakan oleh Yayasan Al-Bahri Nusantara adalah program yang digagas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri.

    Gubernur menegaskan agar program PPMP terus dilanjutkan sehingga kesejahterahan terus berlanjut dirasakan warga pesisir.

    Program PPMP mulai dilaksanakan sejak Februari 2011 di 5 Kabupaten sepanjang Pantai Utara Jawa Barat, yakni: Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu dan Cirebon. Luas lahan yang dijadikan areal penanaman rumput laut mencapai 481 hektar melibatkan 114 petambak. Sampai dengan saat ini rumput laut yang sudah berhasil dipanen mencapai 420 ton rumput laut basah dan 20 ton rumput laut kering. Adapun perkiraan jumlah rumput laut yang sudah ditanam di 5 kabupaten tersebut mencapai 1.280 ton. Dari kegiatan tersebut selama 10 bulan ini hasilnya cukup menggembirakan. Para petambak merasakan penambahan penghasilan antara Rp 1.750.000 hingga Rp 2.500.000 per bulan.

    “Selain menambah penghasilan yang cukup lumayan, kegiatan ini juga mampu menyerap tenaga kerja yang lumayan banyak. Mulai dari persiapan penanaman rumput laut, kemudian pemeliharaan hingga panen, rata-rata menyerap tenaga kerja antara 1.400 hingga 2.100 orang. Sehingga tidak ada kata lain agar kesejahterahan menajdi milik masyarakat, maka program PPMP harus dilanjutkan dan ditingkatkan jangkauannya hingga bagi keluarga yang belum tersentuh pada tahap awal maka dapat dilibatkan pada tahap berikutnya,” demikianHeryawan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus