Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar: 2012, Program Desa Peradaban Bertambah 150 Desa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/aher.gif

    KBB – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Minggu (22/1) meresmikan Gedung Baru Balai Desa Cicangkang Girang, Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Didampingi Bupati dan Wakil Bupati KBB, peresmian gedung baru Balai Desa itu berlangsung meriah dan disambut ribuan warga Cicangkang Girang. Dalam sambutannya, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, Desa Cicangkang Girang menjadi salah satu Desa yang masuk dalam program Desa mandiri dalam pencapaian Desa Peradaban yang dicanangkan sejak 2009 lalu.

    “Tahun 2009 lalu, kita mencanangkan 100 desa yang masuk dalam program Desa Mandiri Menuju Desa Peradaban, termasuk Desa Cicangkang Girang ini. Nah untuk tahun 2012 ini, kita kembali memprogramkan Desa Mandiri itu bertambah 150 Desa di Jawa Barat, dengan banutan dana dari Pemprov Jabar sebesar satu milyar rupiah untuk tiap Desa” ujar Gubernur.

    Bantuan dana Rp 1 Milyar itu, digunakan untuk pembangunan fisik dan non fisik, seperti pembuatan balai desa, pasar, puskesmas, dan lain-lain. Menurut Ahmad Heryawan, dana itu hanya berupa stimulant saja, dan jika ada kekurangan, masyarakat bisa urunan bahu-membahu.

    “Tentu saja kalau untuk pembangunan beberapa sarana atau fasilitas, mungkin tidak akan memadai. Oleh karena itu saya berharap ada juga inisiatif dari aparat setempat dan masyarakatnya untuk urunan dalam pengembangan Desa mandiri menuju Desa Peradaban itu. Saya pikir itu bisa dilakukan, karena di beberapa Kabupaten Kota, sudah ada yang melakukan itu, Seperti di Kuningan, bantuan dari Provinsi 1 milyar, kemudain bertambah setengahnya, dari urunan masyarakat setempat” tegas Heryawan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus