Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pohon Baros Hijaukan DAS Citarum Di Sektor 21

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_38167.jpg

    KOTA CIMAHI- Bagian dari upaya percepatan program Citarum Harum, jajaran Pangdam III/Siliwangi dan Pemerintah Kota Cimahi melakukan penanaman pohon Baros (Manglitea Glauca Bi) di Sektor 21 Kampung Cimentang Desa Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.

    Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, kegiatan penanaman ini menjadikan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang berada di Sektor 21 lebih hijau dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi warga maupun lokasi berbagai kegiatan maayarakat.

    "Dengan banyaknya tanaman menjadi sejuk, enak dan bisa juga dimanfaatkan untuk sarana rekreasi bagi masyarakat maupun acara-acara lain," kata Budi, di Sektor 21 Kampung Cimentang Desa Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Rabu (17/06/2020).

    Budi berhatap, Posko 21 yang  berdiri di lahan milik Pemkot Cimahi seluas 5 hektare ini, bisa ditambah dan bisa  membawa kebaikan bagi warga Cimahi khususnya, baik kebaikan dari segi udaranya, tempatnya bersih dan bisa digunakan untuk wisata tetapi tetap memperhatikan lingkungan hidup.
     
    "Di Cimahi banyak perusahaan-perusahaan, kalau ada perusahaan yang bandel ya ditegur sekali dua kali enggak mampan boleh dicor. Mudah-mudahan dengan sosialisasi yang dilaksanakan bisa diterima oleh warga kita maupun yang punya perusahaan-perusahaan," ucapnya.

    Menurut Budi, limbah yang dibuang ke sungai harus bersih, karenanya perusahaan-perusahaan harus mempunyai Ipal, agar limbah hasil produksi terlebih dahulu diproses sebelum dibuang ke sungai.

    "Dengan memfilter menjadi bersih, baru dibuang ke sungai sehingga ikan-ikannya hidup. Mari kita sama-sama baik TNI, Polri, masyarakat maupun PNS menjaga lingkungan agar anak cucu kita nanti bisa menikmati alam yang ada di Indonesia ini dengan aman, dan tidak takut keracunan," ujarnya.

    Dalam kesempatan tersebut, meninjau sarana dan prasarana yang ada di Posko 21, seperti meninjau barak anggota, WC, perkantoran dan mushola serta lokasi pembibitan dan penyemaian bibit, yang berada di Kampung Cimentang Desa Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.

    Sementara itu, Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat menyatakan bahwa pembangunan Posko 21 ini dengan diizinkannya lahan milik Pemkot Cimahi dijadikan posko yang dikelola oleh Satgas Citarum Sektor 21.

    "Dari 5 hektar itu tanaman sudah tumpang sari begitu tanaman kopi tinggi mereka tidak akan menanam disini lagi," katanya.

    Yusep menyatakan, tempat ini sangat strategis untuk Kota Cimahi, dimana hutan yang ada harus tetap kita jaga, kita hutankan benar tidak jadi kembali lagi kebun-kebun kecil sehingga untuk menindaklanjutinya akan buat organisasi dengan persetujuan Pemkot Cimahi.

    "Kami akan tetap mengawal disini intinya adalah untuk hutan kota dan untuk edukasi alam Kota Cimahi sehingga nanti tidak hilang begitu saja," pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus