Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Stabilitas Pangan Di Jabar Berpeluang Dapat Bertahan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/beras0.jpg

     

    Memperhatikan kondisi stok pangan khususnya beras dan kondisi lahan pertanian yang ada di Jabar, stok pangan di Jabar masih surplus. Kendati ada kenaikan harga untuk jenis beras di beberapa daerah sebagaimana terjad saat ini, kondisi pangan masih berpeluang dapat bertahan. Hal demikian, diungkapkan Anggota Komisi B DPRD Jabar, Selly Andriai Gantina dalam eterangannya kepada jabarprov.go.id (24/1).
     
    Selly, atas hal tersebut mengungkapkan dari data yang dihimpun stok beras di Jabar dalam tahun 2010 dinyatakan surplus yaitu mencapai 11,6 juta ton, tahun 2011 stok beras juga masih surplus yaitu mencapai 1,5 juta ton.
     
    Berkaitan dengan kondisi tersebut, maka di tahun 2012 produksi beras di Jabar ditargetkan bisa mencapai 12,5 juta ton. Dengan penetapan target tersebut, Jabar menjadi Provinsi yang memberikan kontribusi pada pencapaian produksi beras nasional sebesar 18%.
     
    Adanya hal tersebut, untuk memenuhi kebutuhan beras di dalam Provinsi Jabar hanya sebesar 8 juta ton per tahun. Dari kebutuhan beras tersebut, sebanyak 2,7 ton disuvlai dari beras raskin yang jumlahnya 2,7 ton per tahun. Dengan demikian, dari kebutuhan masyarakat yang tinggal di Provinsi Jabar, untuk memenuhi kebutuhan beras yang dihasilkan dari hasil pertanian hanya 4 sampai 5 juta ton per tahun.
     
    Kendati beras masih surplus,  yang menunjukkan terbukanya peluang stabilitsasi pangan di Jabar, jangan diabaikan kondisi anomali cuaca. Sebagai solusinya, perlu disiapkan teknologi terbarukan dan mempersiapkan langkah antisipasi terjadinya OPT yang menyerang areal persawahan serta sertifikasi benih.
     
    Menyikapi naiknya harga beras, yang diinformasikan kini ada yang mencapai Rp.9.000,- per Kg, perlu diperbaiki tata niaga beras. Dengan adanya surplus beras, kendati ada kebijakan pemerintah tentang impor, beras impor tak perlu masuk ke Jabar. Sementara itu, untuk menghindari kenaikan harga yang terus merangkak naik Operasi Beras diminta untuk segera dilakukan.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus