Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub: Jabar Miliki Potensi Kelautan dan Perikanan Cukup Besar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_38180.jpg

    KAB. SUKABUMI- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan bahwa wilayah Jawa Barat memiliki potensi kelautan dan perikanan yang luar biasa dari mulai Pantai Utara Indramayu, Cirebon, Subang hingga Pantai Selatan Sukabumi, Cianjur, Garut serta Tasikmalaya. 

    "Meski potensi besar, tak dipungkiri, potensi tersebut masih disertai dengan berbagai kendala sehingga belum sepenuhnya dimanfaatkan," kata Wagub, saat mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Kab. Sukabumi, Kamis (18/06/20).

    Menurut Wagub, meski banyak kendala yang dihadapi oleh para nelayan dan petani budidaya ikan, namun dengan segala kekurangan yang ada tersebut tidak sedikit nelayan di Jawa Barat yang mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi.

    "Saat ini para nelayan terbantu dengan berbagai pendanaan lewat program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Mudah-mudahan bisa secara optimal dinikmati oleh nelayan di Jawa Barat," ucapnya. 

    Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo mengatakan bahwa kunjungan kerja ke Palabuhanratu Kab. Sukabumi, adalah untuk melihat aktivitas sekaligus masalah yang dihadapi para nelayan penangkapan.

    "Salah satunya (masalah) dari sektor infrastruktur. Pelabuhan ini sangat diharapkan untuk adanya perbaikan kedepannya dan penguatan-penguatan termasuk perluasan," ujar Edhy.

    Edhy mendukung adanya perubahan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) menjadi Pelabuhan Perikanan Samudra dan diharapkan nantinya mampu mengubah kegiatan menjadi ekspor ikan langsung dari Palabuhanratu.

    "Kalau saya lihat jauhnya jarak dengan Jakarta, untuk apa ke sana lagi langsung saja (ekspor) dari sini. Potensi perikanan yang cukup besar ini merupakan daerah perlintasan tuna secara internasional tidak hanya tuna banyak juga jenis-jenis ikan lain," tutur Edhy.

    Edhy juga mendorong budi daya perikanan baik di darat maupun pesisir karena saat ini tambak udang dianggap cukup berpotensi bagi nelayan dan menjadi salah satu program prioritas Kementerian Perikanan dan Kelautan RI.

    "Kami ingin memperkuat sektor udang Indonesia. Kami bercita-cita kalau bisa pangsa udang dunia ini kita menjadi motornya," pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus