Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Domba Garut Jadi Unggulan Dunia, Pemprov. Jabar Siap Lestarikan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/domba2.JPG

    Berdasarkan hasil pertemuan Pemprov. Jabar dengan Perhimpunan Peternak Domba, yang berlangsung di Gedung Pakuan (25/1), terungkap dari jenis domba yang berkembang saat ini di beberapa belahan negara, Domba Garut merupakan domba unggulan dunia, bahkan merupakan jenis domba terbaik dunia. Dengan adanya hal tersebut, Pemprov. Jabar akan selalu siap melestarikan Domba Garut.

    Hal demikian, diungkapkan Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Pakuan (25/1).  Gubernur, lebih lanjut menuturkan upaya pelestarian Domba Garut, meliputi pelestarian bibit dan juga populasinya. Dalam upaya pelestarian tersebut, harapannya Domba Garut yang orisinil dapat terus dipelihara dan jangan sampai punah.  Dalam pemanfaatannya, karena merupakan jenis domba unggulan, pemanfaatannya pertama, dimanfaatkan untuk adu ketangkasan. Sebagian lagi untuk dikonsumsi masyarakat, harapannya melalui pemanfaatan ini diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat khususnya di kalangan para peternak.

    Hal senada dipaparkan Kadis Peternakan Jabar, Kusmayadi Tatang Padmadinata dalam keterangannya secara terpisah. Menurutnya, Domba Garut diakui merupakan jenis domba terbaik didunia. Dilihat dari populasinya yang mencapai 20% sampai 30% dari jumlah populasi domba yang ada di Jabar yang jumlahnya kini mencapai 5,6 juta ekor.

    Sejalan dengan upaya pelestarian patut dipertahankan sisi asli Domba Garut serta perlu didorong penambahan populasi. Untuk pemanfaatannya, dari semua jenis domba paling banyak dimanfaatkan untuk konsumsi serta sebagian kecil dipergunakan untuk ketangkasan, namun untuk domba ketangkasan dari sisi harga lebih mahal.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus