Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengerukan Citarum Jadi Tontonan Warga

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pengerukan11.jpg

     

    KAB. BANDUNG – Proyek pengerukan sungai Citarum di Baleendah dan Dayeuhkolot jadi tontonan warga yang kebetulan lewat, terutama di jemabtan Cijagra tembusan Bojongsoang-Beleendah. Pantauan Jabarprov.go.id Kamis pagi (26/1), warga yang menggunakan motor sengaja berhenti di pinggir jembatan, hanya untuk menyaksikan pengerukan Citarum, yang menggunakan sedikitnya 5 alat keruk besar.
     
    “Pengen tahu aja, kan jarang ada alat berat banyak begini, apalagi ada yang bisa mengapung di sungai seperti itu” ujar Ahmad Juanda, salah seorang warga yang sedang menyaksikan pengerukan.
     
    Sejak November 2011 lalu, sedikitnya 10 alat berat pengeruk lumpur beroperasi di sungai Citarum yang masuk ke wilayah Dayeuhkolot dan Baleendah. Selain alat berat pengeruk yang bekerja dari pinggir sungai, ada juga alat berat pengeruk yang bisa megapung di sungai.
     
    “Ya mudah-mudahan aja dengan dikeruk seperti ini nantinya tidak akan banjir lagi. Kasian warga di sekitar sini setiap musim hujan, pasti kebanjiran. Apalagi kalau situ ini sudah jadi nanti, kan bisa juga dimanfaatkan warga untuk rekreasi air” katanya.
     
    Selain dikeruk,  di beberapa tepi Citarum juga kini dipasangi tanggul dari pilar-pilar beton berkunci. Sebagian pilar itu sudah ada yang dipasang, namun kebanyakan masih diparkir di beberapa areal kosong dekat Citarum yang sengaja disediakan untuk penyimpanan pilar-pilar beton untuk tanggul itu.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus