Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Satgas Citarum Harum Cor Saluran Limbah Milik Perusahaan Pelanggar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_38630.jpg

    KAB. BANDUNG- Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum terpaksa melakukan penyegelan terhadap mesin serta pengecoran terhadap saluran limbah milik PT. Gracia Mega Karya dan Zhong xin Textile.

    Dansektor 7 Satgas Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi mengatakan, kedua perusahaan tersebut sudah pernah dilakukan sidak oleh pihaknya, namun dalam sidak kali ini perusahaan tersebut masih belum juga jera dan membandel.

    "PT. Gracia Mega Karya ini masih ditemukan beberapa saluran limbah yang sengaja dibuat dan mengarah ke Sungai Citarum,  akibatnya kita menyegel beberapa mesin di perusahaan textile tersebut," katanya. 

    Menurut Purwadi, selain melakukan penyegelan, bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bandung pihaknya juga melakukan pengecoran terhadap saluran limbah milik perusahaan tersebut.

    "Sekarang kedapatan membuang limbah kembali, nah sekarang kita tutup dan kita segel beberapa mesin," ungkap Purwadi usai melakukan sidak ke PT. Gracia Mega Karya,  Senin (27/07/2020).

    Purwadi mengaku, di perusahaan tersebut pihaknya juga menemukan sebuah sumur yang diduga menjadi pembuangan air limbah dan mengarah langsung ke Sungai Citarum serta ada sebuah saluran yang diduga mengarah ke sungai.

    "Kemarin pada waktu hari libur untuk pabrik Zhong xin Textile, saluran yang keanak Sungai Citarum ada yang kita cor. Kemudian sumur dan tempat saluran di PT. Gracia kita cor juga," paparnya.

    Selain itu menurut Putwadi,  di PT. Zhong Xin Textile, pihaknya menemukan semua saluran air yang diduga menjadi endapan bekas limbah dan saluran limbah tersebut langsung disegel oleh sejumlah petugas dan saat ini limbah tersebut masih dalam pengecekan DLH Kabupaten Bandung.

    " Pipa itu langsung dari bak penampungan kemungkinan selatnya langsung ke anak sungai, lalu ke Citarum," ujarnya.(Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus