Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Geothermal Akan Didorong Gantikan BBM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/geologi.jpg

    BANDUNG- World Bank (Bank Dunia) memperkirakan, kekayaan alam Indonesia yaitu gas, minyak, mineral, dan sumber energi lainnya, termasuk panas bumi (geothermal), bernilai 716 miliar dolar AS. Indonesia masih mengandalkan energi fosil yang tidak terbarukan, seperti bahan bakar minyak (BBM) dan batu bara.

    "Jadi, sudah saatnya, seluruh negara di dunia ini, termasuk Indonesia, beralih menggunakan energi renewable (terbarukan)," tandas Prof. Emil Salim, ekonom senior, pada jumpa pers The 2nd Congress Of the East Asian Association of Environmental and Resource Economics (EAAERE), di Graha Sanusi Unpad, Jalan Dipatiukur Bandung, Jumat (3/2).

    Mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) era Orde Baru ini menjelaskan alasan mengapa sudah saatnya negara-negara di dunia menggunakan sumber energi renewable. Menurutnya, sumber energi fosil yang sifatnya non-renewable, semakin menipis seiring dengan tingkat kebutuhan yang semakin tinggi. Indonesia, ujarnya, secara geografis punya keuntungan besar. Negara ini pun, tambahnya, memiliki potensi energi terbarukan yang begitu luar biasa.

    Dikatakan, republik ini memiliki dua iklim, panas dan hujan. Lalu, lanjutnya, mempunyai garis pantai sepanjang 80 ribu kilometer. Tidak itu saja, sambungnya, Indonesia memiliki gas dan panas bumi yang begitu banyak. Sayangnya, kata Emil, sampai saat ini, itu belum tereksplorasi secara maksimal.

    Emil berpandangan, untuk saat ini, jenis energi terbarukan yang cocok dikembangkan Indonesia untuk menggantikan energi fosil yaitu geothermal. Pasalnya, jelas dia, bumi Khatulistiwa memiliki banyak potensi geothermal yang luar biasa.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus