Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Berbagai Aksi pertunjukkan Seni Siap Digelar Di tahun 2012.

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1589A.jpg

     

    BANDUNG-Kadis Parbud Jabar, Nunung Sobari, didampingi Kepala Balai Pengelolaan Taman Budaya Rosdiana Rachmiwaty, dalam konpress yang berlangsung (7/2) bertempat di Balai Budaya Dago mengungkapkan sejalan dengan program yang sudah ditetapkan dalam APBD tahun 2012 berbagai pertunjukkan seni siap ditampilkan. 
     
    Adapun beragam seni yang siap ditampilkan untuk seni pertunjukkan rakyat dijadwalkan digelar selama 11 kali. Jenis seni yang siap ditampilkan antara lain : Rampak Dalang, Tarling Diwayu, Sintren, Reog Dongkol, Gong Sibolong, Dewi Sri “Ngancik Leuit”, Komunitas Sastra, Wayang Landung, Paku Jajar di Gunung Karang, gelar Kampung Adat Cireundeu dan bajidoran. 
     
    Kegiatan lain juga akan siap direalisasikan dalam tahun ini yaitu pelatihan seni pertunjukkan juga disiapkan, revitalisasi seni tradisional, pekan seni budaya di Taman Budaya serta pewarisan seni tradisional di Jabar.
     
    Pelaksanaan pelatihan seni tertunjukkan direncanakan akan dilaksanakan  3 kali yaitu  Seni Domyak dari Kabupaten Purwakarta, Tarawangsa Cibalongan di Kabupaten Tasikmalaya dan Rengkong Hatong dari Kota  Bogor. 
     
    Nunung, dalam bagian lain keterangannya memaparkan Taman Budaya Jabar diharapkan dapat berperan sebagai tempat untuk mengaktualisasikan kearifan lokal di masyarakat. 
     
    Sejalan dengan dorongan tersebut Taman budaya dituntut berperan dalam pelestarian, pengembangan seni, budaya  dan turut juga mepromosikan objek wisata karena dengan kegiaatan  pertunjukkan seni ada wisatawan yang memanfaatkan kunjungan sehingga sisi pariwisata juga dapat disosilisasikan bersamaan dengan sosialisasi seni budaya. 
     
    Seni di Jabar cukup besar tercatat 243 seni , bahkan hasil penelitian dari  Prof Ganjar dari Unpad mengindentifikasi jumlah seni di Jabar yang dapat dijadikan kegiatan pertunjukkan mencapai 300 kelompok, demikian Kadisparbud Nunung. 
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus