Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Apel Kesiapsiagaan Bencana

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/apel-siaga-bencana.jpg

     

    BANDUNG-Sekitar 1000 orang peserta memenuhi Lapangan Gasibu dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana yang akan dilaksanakan hari ini, Kamis (9/2). Mereka berasal dari  anggota TNI, Polri, relawan, tagana, PMI, Pramuka dan pelajar serta sejumlah tamu undangan yang terdiri dari para Bupati dan Walikota, ketua DPRD kab/kota, Kepala BPBD, Satlak Kab Kota, Pimp TNI Polri, LSM, komunitas dan kepala OPD  terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
     
    Gubernur Jawa Barat  Ahmad  Heryawan menjadi pemimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana tersebut secara langsung. Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyserahan bantuan peralatan evakuasi bencana dari BNPB ke pada BPBD Provinsi dan  BPBD kab kota se Jawa Barat. Berupa sejumlah peralatan  yang terdiri dari  tenda, kendaraan roda 4 sebanyak 13 unit (berupa kendaraan rescue, dapur umum lapangan, truk serbaguna, ambulan), kendaraan roda 2 sebanyak 20 unit dan  alat water treatment.  Selain kepada provinsi, bantuan  tersebut juga akan diberikan kepada kab Ciamis, Kuningan, Majalengka, Bandung, Bandung Barat, Cianjur, Sukabumi, Bogor dan Kota Banjar
     
    Tetapkan Status Siaga Darurat Apel siaga bencana ini  merupakan tindak lanjut dari Surat Pernyataan Siaga Darurat Bencana No.360/01/BPBD  yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat  pada tanggal 3 Januari 2011, lalu. Dalam surat tersebut, Gubernur Jawa Barat menetapkan Status Siaga Darurat Bencana dan Tanah Longsor untuk Wilayah Provinsi Jawa Barat selama 4 (empat) bulan terhitung sejak tanggal 3 Januari sampai dengan 3 Mei 2012.
     
    Gubernur memerintahkan kepada semua pihak terkait untuk mengerahkan potensi sumber daya dalam rangka Siaga Darurat Bencana tersebut. Pihak BPBD Provinsi mengatakan bahwa pelaksanaan Apel  Kesiagaan Bencana tersebut merupakan wujud nyata dan keseriusan Jawa Barat dalam menghadapi  berbagai potensi bencana, terutama banjir dan longsor, di wilayah Provinsi Jawa Barat, yang telah diprediksi oleh BMKG  tanggal 14 Desember 2011 bahwa dari bulan Desember 2011 sampai dengan Maret 2011 ada peningkatan curah yang tinggi, yang dapat menimbulkan potensi bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Jawa Barat.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus