Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Produk Unggulan di Sumedang, Harus Dikenal Luas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_9812-345.jpg

    SUMEDANG-Dalam menghadapi rencana pembangunan Tol Cileunyi Sumedang dan Dawuan (Cisumdawu) yang kemungkinan akan menjadikan Kota Sumedang sepi, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumedang berencana untuk meningoptimalkan program kerjanya dalam meningkatkan peran industri kecil dan menengah sebagai salah satu pendorong ekonomi Kab. Sumedang.

    Salah satu program yang akan menjadi prioritas diantaranya, akan membangun outlet-outlet disentra-sentra industri kreatif masyarakat terutama yang menjadi unggulan Kabupaten Sumedang, jelas Kadis Perindustrian dan Perdagangan Ramdan Ruhendi saat diwawancara jabarprov.go.id, Rabu (7/2) kemarin.

    Kami memiliki sentra-sentra unggulan, seperti, Tahu, Ubi Cileumbu, Meubel, Opak Ketan, Senapan Angin, Oncom, Sale Pisang, Tape Singkong, Ukiran Kayu dan sepatu rajutan. Semua produk unggulan itu sudah berkembang sesuai level atau tingkat usahanya. Ada yang telah menjadi trade merk Sumedang, seperti Ubi Cileumbu dan Tahu Sumedang, dan ada yang sudah merintis ke arah itu, seperti, Opak Ketan,  Sepatu Rajutan, dan meubel, jelas Ramdan.

    Untuk mengoptimalkan program kerjanya itu, pihaknya salah satunya bekerjasama dengan Asosiasi Industri Kerajinan dan Makanan Olahan (AIKMA) untuk memasarkan produk-produknya melalui fasilitasi outlet-oulet di kawasan pusat perdagangan. Dengan demikian, akan banyak yang mengetahui produk-produk khas Kab. Sumedang.

    Tentunya, paralel dengan upaya itu, dilakukan pula upaya pembinaan dalam hal kualitas dan marketingnya. Diberikan informasi tentang trend pasar atau market terhadap suatu produk, sehingga setiap saat bisa menyesuaikan dengan selera pasar, ungkapnya.

    Menurut, Ramdan, Kabupaten Sumedang harus memiliki “daya tarik” tersendiri sehingga setiap orang mau berkunjung. Kita memiliki Kawasan pendidikan Jatinangor, Kawasan Pegunungan untuk wisata agro, wisata aero dan Kawasan pengembangan budaya buhun. Semuanya itu dapat diolah menjadi kekuatan ekonomi Sumedang yang pada akhirnya akan menumbuhkan industri masyarakat.

    Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengupayakan dan memfasilitasi pembuatan outlet-outlet di sentra-sentra produk unggulan dalam rangka memikat masyarakat wisatawan lokal dan nasional datang ke Sumedang. Kita akan memanfaatkan melimpahnya wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya yang datang ke Kota Bandung agar merekapun bisa datang ke Sumedang. Oleh karena itu, akan disebarkan berbagai informasi melalui media online dan media cetak, demikian harapan Kadis Perindag, Ramdan Ruhendi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus