Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Si Votun Permudah Tunanetra Kenali Jawa Barat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_39096.jpg

    BANDUNG - Aplikasi Voice Over Untuk Tunanetra (Si Votun) Jawa Barat, sangat membantu penyandang tunanetra dalam mencari informasi tentang Jawa Barat. Oke Suharsono penyandang tunanetra yang juga guru di SLB Negeri A Pajajaran Kota Bandung menjelaskan, dengan aplikasi Si Votun, para penyandang tunanetra kini lebih mudah mengakses informasi mengenai Jawa Barat dengan menggunakan gadget atau HP.

    "Karena aplikasi ini basisnya suara, maka kami jadi lebih mudah mengakses informasi tentang provinsi Jawa Barat dengan menggunakan HP" ujar Oke di SLB Negeri A Pajajaran Kota Bandung, Senin (7/9/2020)

    Namun Oke berharap aplikasi Si Votun itu terus dikembangkan agar fiturnya lebih lengkap dan lebih mudah lagi, sehingga cakupan informasinya lebih luas lagi.

    "Dengan cara penggunaannya lebih mudah dan cakupan informasi yang disediakannya lebih lengkap, Saya kira ini adalah aplikasi pertama di Indonesia  yang bisa digunakan penyandang tunanetra dalam keterbukaan informasi dewasa ini" harap Oke.

    Sementara itu, Indah Dwianti Kepala Seksi Komunikasi Publik Bidang IKP Diskominfo Jabar menjelaskan, Diskominfo sebagai Dinas yang memiliki perangkat PPID atau penyedia informasi sengaja mengembangkan Si Votun, karena persentase masyarakat penyandang cacat yang mengakses informasi, terbanyak adalah penyandang tunanetra.

    "Itu yang menjadi dasar kenapa kita mengembangkan si votun ini. Dengan si votun saudara-saudara kita penyandang tunanetra diharapkan lebih aktif lagi dalam mengakses informasi publik dari Diskominfo Jabar" katanya.

    Landasan dasarnya menurut Indah, adalah keterbukaan informasi untuk semua kalangan, termasuk para penyandang tunanetra yang memiliki hak yang sama dalam mengakses dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus