Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kerjasama Antara Jabar dan Jatim Melalui BI Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_39196.jpg

    TASIKMALAYA - Menjaga pasokan pangan strategis di Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Jawa Barat bersama BI Cirebon dan BI Tasikmalaya sebagai bagian dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah dan instansi terkait dalam berbagai upaya strategis pengendalian inflasi di wilayah Jawa Barat. 

    Sejalan dengan hal tersebut, pada Senin (14/9), telah dilaksanakan penandatanganan “Kesepakatan Bersama” antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Pemerintah Kabupaten Blitar tentang “Kerjasama Perdagangan dalam Penyediaan Kebutuhan Bahan Pangan”. Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan secara virtual oleh Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman dan Bupati Blitar, Rijanto, dengan disaksikan oleh Kepala BI Jawa Barat, Herawanto, Kepala BI Tasikmalaya, Darjana, dan Kepala BI Kediri, Sofwan Kurnia. 

    Kesepakatan bersama ini merupakan wujud koordinasi dan sinergi Kerjasama Antar Daerah (KAD) wilayah Provinsi Jawa Barat dan wilayah Provinsi Jawa Timur dalam rangka penyediaan bahan pangan untuk pengendalian inflasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

    Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama KAD antar dua kota beda wilayah ini, kebutuhan pangan strategis, khususnya telur ayam ras untuk masyarakat Kota Tasikmalaya akan dipasok oleh peternak ayam ras di Kabupaten Blitar, sebagai daerah produsen. 

    Dengan adanya jaminan ketersediaan pasokan telur ayam ras, maka kestabilan harga di Jawa Barat, Kota Tasikmalaya khususnya sebagai daerah konsumen akan relatif terjaga. Demikian pula bagi Jawa Timur, khususnya Kabupaten Blitar sebagai daerah pemasok, dengan adanya jaminan ketersediaan pasar pada daerah tertentu, maka kestabilan harga yang wajar pada tingkat petani/produsen juga dapat dijaga.

    "Dengan demikian, Kesepakatan Bersama ini juga sebagai contoh bahwa pengendalian inflasi sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan urusan bersama tidak hanya dalam satu wilayah provinsi saja namun juga dapat lintas wilayah provinsi," ujar Herawanto.

    Mengacu pada roadmap pengendalian inflasi, Kepala BI Jawa Barat Herawanto menyampaikan bahwa kesepakatan bersama KAD yang diinisiasi hari ini, akan terus dikembangkan dalam konteks penanganan inflasi secara sustainable, tidak hanya stabilitas harga di tingkat konsumen, namun juga stabilitas harga di level produsen. 

    Tidak hanya terbatas pada komoditas tertentu (seperti telur ayam ras), KAD ini juga mengatur kerja sama penyediaan kebutuhan pangan strategis hasil ternak; pertanian dan perkebunan; perikanan dan kegiatan perdagangan yang tidak hanya terbatas di Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Blitar saja, namun antar Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Timur, serta jika diperlukan akan terus dikembangkan dengan berbagai provinsi lainnya di Indonesia. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus