Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan Dorong Peran Akuntan Dalam Pembangunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0323-Gub-IAI1.jpg

    BANDUNG- Saya mengapresiasi dan memberi penghargaan atas peran akuntan dalam mendorong dan berpartisipasi aktif pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel sesuai dengan prinsip-prinsip good and clean governance, khususnya di Jawa Barat. Dengan kepengurusan yang baru ini diharapkan membawa kebaikan dan kemajuan bagi pembangunan di Jawa Barat ke depan.

    Hal demikian, disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada saat memberikan sambutan pada Acara Pelantikan Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jawa Barat Periode 2012-2015 dan Sosialisasi Ujian Sertifikasi Akuntan Sektor Publik (US-AAP). Di Aula Barat Gedung Sate, Jl Diponegoro 22 Kota Bandung, Jumat (10/2) malam

    Lebih lanjut Heryawan berharap dengan adanya Sosialisasi Ujian Sertifikasi Akuntan Sektor Publik (US-AAP) yang diberikan kepada anggota IAI Jabar, pejabat akuntansi di lingkungan Pemprov Jabar, pejabat akuntansi dilingkungan Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat serta stakeholder lainnya akan semakin meningkatkan kualitas dan peran akuntan dalam pembangunan. “Dengan US-AAP, Pemprov Jabar diharapkan menjadi Provinsi terdepan di Indonesia yang memiliki tenaga ahli akuntansi pemerintahan bersertifikat, sehingga dapat mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan menuju terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih,” demikiann harapan Gubernur.

    Dibagian lain, menurut Asisten Administrasi Setda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, IAI adalah organisasi pertama dan satu-satunya yang mewadahi para akuntan di Indonesia.  Pada perkembangannya IAI melebarkan sayapnya ke hampir seluruh provinsi di Indonesia, termasuk di Jawa Barat.  IAI Wilayah Jawa Barat (IAI Jabar), pada bulan september 2011 lalutelah melaksanakan Rapat Anggota,  yang secara aklamasi menunjuk Edi Jaenudin, sebagai Ketua Umum IAI Jabar periode 2011 – 2015, sekaligus mengamanatkan kepada ketua terpilih untuk sesegera mungkin menyusun kepengurusan.

    Pelantikan pengurus baru IAI Jabar dilakukan olah Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN-IAI), Mardiasmo, yang juga Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP-RI).  Pelantikan kali ini, menurut Mardiasmo sangat istimewa karenakan dilakukan di Gedung Sate yang memiliki nilai historikal dan dihadiri Gubernur Jawa Barat.  Dalam jajaran pengurus juga  terdapat sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni; Iwa Karniwa (Asisten Administrasi) dilantik sebagai Ketua Dewan Pembina IAI Jabar dan Sri Mulyono (Kepala Biro Keuangan) dilantik sebagai Koordinator Bidang Akuntan Sektor Publik.

    Selain melantik pengurus baru, acara juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Ujian Sertifikasi Akuntan Sektor Publik (US-AAP) yang disampaikan oleh Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Sektor PubliK (IAI-KASP) Djadja Sukirman, yang juga menjabat Deputi Administrasi Sekretariat Wakil Presiden Indonesia. Menurut Djaja dengan US-AAP menjadi alat ukur menilai kompetensi dalam menyusun Laporan Keuangan Pemerintah, menyusun kebijakan akuntansi keuangan pemerintah dan menyusun anggaran pemerintahan. Para peserta yang lulus US-AAP akan mendapatkan Piagam Sertifikasi dari IAI dan berhak atas gelar Ahli Akuntansi Pemerintahan (AAP).

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus