Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rakerwil PPKB, Bahas Rekomendasi Strategis Program Pemberdayaan Perempuan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1594.JPG

     

    Organisasi sayap dibawah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu Perempuan Partai Kebangkitan Bangsa (PPKB), selama dua hari bertempat di Hotel Lingga Jalan Soekarno Hatta, yaitu dari tanggal 12 sampai 13 Pebruari resmi menggelar rakerwil.
     
    Dalam even tahunan tersebut, yang diikuti oleh seluruh DPC PPKB Se-Jabar, membahas rekomendasi strategis untuk program-program pemberdayaan perempuan. Dalam kegiatan tersebut, juga digelar pelatihan capacity Building. Hal demikian, diungkapkan Ketua PPKB Jabar, Iemas Masitoh dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut.
     
    Menurut Iemas, program pemberdayaan perempuan merupakan program prioritas di PPKB, dengan pertimbangannya PPKB merespon kondisi yang berkembang di Jabar, baik di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang dialami oleh kalangan perempuan pada khususnya.
     
    Kondisi eksisting saat ini, dengan merujuk kepada sensus tahun 2011, Jabar dengan penduduk 43.021.826 orang, terdiri dari laki-laki 21.876.572 orang dan perempuan 21.145.254 orang. Di bidang pendidikan, masalah yang dihadapi angka melek huruf masih mencapai 96% dan rata-rata lama sekolah 7,95 tahun.
     
    Di bidang kesehatan, angka harapan hidup baru mencapai 68,2 tahun, angka kematian ibu 250 per 100 ribu kelahiran bayi, angka kematian bayi 40,26 per 1.000 kelahiran hidup serta penderita penyakit AIDS sampai September 2011 telah mencapai mencapai 3.925 orang dan penderita HIV mencapai 2.354 orang, dari jumlah penderita penyakit tersebut 33% penderita merupakan kalangan perempuan.
     
    Selanjutnya, di bidang ekonomi indeks daya beli mencapai 62,57 point, jumlah penduduk miskin 11,27%, penghasilan rata-rata Rp.220.098,00 per kapita, wanita bekerja 5,56 juta orag sebagian besar di sektor formal serta pertumbuhan ekonomi 6%.
     
    Iemas, menambahkan dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, masih diperlukan langkah-langkah konkrit untuk menyelesaikan masalah tersebut baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun ekonomi. Untuk menyelesaikannya dibutuhkan partisipasi dari semua pihak salah satunya melalui peran parpol.
     
    Untuk di internal PKB, melalui PPKB berbagai kegiatan strategis sebagai solusi untuk menyelesaikan hal tersebut sudah diselenggarakan, bahkan program tersebut akan rutin diselenggarakan. Program yang sudah dilaksanakan tersebut diantaranya bantuan permodalan untuk pelaku usaha kecil menengah, program tersebut dinamakan program KOPER BANGSA. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus