Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Setelah Dilakukan Berbagai Upaya Matul Ciwidey Mati

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_39824.JPG

    KOTA BANDUNG- Setelah dilakukan berbagai upaya oleh tim dokter, perawat dan keeper di Bandung Zooligical Garden (Bazoga) dan dibantu oleh tim BKSDA Jawa Barat, macan betina yang didapati pada Jumat di sekitar hutan yang berada di BPKH Ciwidey yang masuk ke wilayah Wana Wisata Kawah Putih, mati pada Senin (26/10/2020).

    Manager Komunikasi Bazoga, Sulhan Syafi’i mengatakan, tim dokter Bazoga sudah melakukan berbagai upaya sejak datangnya macan tutul tersebut di kebun binatang Bandung pada Jumat (19/10/2020) pekan kemarin

    "Tim BKSDA Jabar, dokter dan keeper bekerja sampai Jumat dinihari untuk menginfus dan memberi antibiotik pada luka matul. Setelah dilakukan perawatan dua hari di Bazoga akhirnya macan tutul betina itu mati pada pukul 07.00 WIB dan  Tim BKSDA pun sudah mengecek kondisi di lapangan," ucapnya.

    Menurut Sulhan, berdasarkan informasi dari tim dokter Kebun Binatang Bandung, sudah dua infus yang habis untuk matul betina tersebut karena kondisi luka yang cukup parah serta sudah bernanah kemungkinan juga trauma sehingga menyebabkan macan tutuk tersebut tidak bisa bertahan. 

    "Pada Sabtu (24/10/2020) sebenarnya macan tutul ini sudah bisa makan dan menghabiskan 1 kg hati sapi dan sedikit daging cincang. Antibiotik pun sudah diberikan untuk mencegah luka lebih parah agar cepat sembuh," imbuhnya.

    Sulhan menambahkan, berdasarkan video yang dilihat, pada saat penangkapan, macan tutul tersebut tidak bereaksi kabur saat didatangi oleh tim dari kawah putih, yang artinya kondisi macan tutul tersebut sudah sangat lemah.

    "Perkiraan tim dokter macan tutul ini sudah 5 hari di tempat tersebut dan tidak mendapatkan makan apapun. Saat kulitnya ditarik pun sudah sangat kering artinya kondisinya memang sudah lemah," ujarnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus