Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Tindaklanjuti UU Cagar Budaya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gesat.jpg

    Pemerintah Pusat, telah menerbitkan UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.  Atas hal tersebut, Pemprov. Jabar mulai tahun ini akan melakukan langkah tindak lanjut, papar Kepala Balai Pengelolaan Kepurbakalaan,  Kesejarahan dan Nilai  Tradisional Disparbud Jabar, Tries Sulastri dalam konpres di Monju, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung (20/2).

    Tries, lebih lanjut mengungkapkan sebagai langkah tindak lanjut atas diterbitkannya UU yang baru yang mengatur perihal cagar budaya, mulai awal tahun di seluruh perwakilan Kabupaten/Kota diminta untuk mengusulkan 10 usulan cagar budaya.  Dengan demikian, dalam tahun ini jika seluruh daerah di Jabar sudah selesai mengusulkan cagar budaya, maka dalam tahun ini akan teridentifikasi 260 usulan cagar budaya, yang sudah mendapat Surat Keputusan dari Walikota/Bupati.

    Selanjutnya atas usulan tersebut, akan dilakukan langkah tindak lanjut di
    Pemerintah Provinsi. Seluruh usulan cagar budaya dari masing-masing Kabupaten/Kota akan didata, dikaji dan dilakukan proses registrasi. Untuk tahap proses tersebut,akan dilibatkan tim ahli dari berbagai bidang keahlian. Untuk tim ahli yang dilibatkan diprediksi berkisar antara 9 sampai 13 orang.

    Tahapan berikutnya, setelah selesai tahapan tersebut, pihak Pemerintah Provinsi akan merekomendasikan cagar budaya. Legal aspeknya akan dikukuhkan melalui Surat Keputusan Gubernur. Untuk cagar budaya yang sudah resmi mendapat SK Gubernur, maka akan diusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk selanjutnya diusulkan menjadi cagar budaya nasional.

    Dilibatkannya Kabupaten/Kota dalam proses usulan cagar budaya merupakan  salah satu implementasi dibukanya ruang partisipasi bagi daerah untuk memberikan kontribusi dalam pemilihan dan penentuan cagar budaya sebagai salah satu warisan budaya bangsa. Identifikasi usulan cagar budaya, yang ditargetkan bisa selesai Maret 2012 akan menjadi pilot project untuk daerah lainnya di Indonesia sehingga harapannya Jabar dapat mengakomodir seluruh Kabupaten/Kota dalam penentuan cagar budaya.

    Sementara itu, Kasi Kepurbakalaan Romlah menambahkan jumlah cagar budaya di Jabar sebagaimana dilaporkan oleh beberapa Kabupaten/Kota, jumlahnya mencapai 1.499.  Dari jumlah tersebut, yang terbaru diusulkan sebagai cagar budaya yaitu Jatigede, yang berlokasi di Sumedang. Beberapa lokasi lainnya  yang telah masuk sebagai cagar budaya diantaranya Gua Pawon, Batujaya dan Gunung Padang. Sejalan dengan amanat UU cagar budaya yang baru, maka kampung adat yang telah mampu memelihara kearifan local seperti Kampung Naga dapat diusulkan menjadi cagar budaya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus