Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Radjib : “Yayasan Batik Jawa Barat, Harus Menaungi Seluruh Perajin

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSCN0116.jpg

    GARUT-Para perajin batik di Garut sangat berharap, agar Yayasan Batik Jawa Barat dapat menaungi seluruh perajin di Jawa Barat dan tidak menganakemaskan salah satu perajin terutama ketika mempromosikan batik Jawa Barat di berbagai even, demikian disampaikan oleh Radjib perajin batik sutra Garutan ketika diwawancara jabarprov.go.id, Rabu (22/2) di tempat kediamannya.

    Bila Yayasan Batik Jawa Barat menggelar promosi, seyogianya secara keseluruhan dapat mempromosikan semua kelompok perajin batik dan juga menginformasikan identitas kelompoknya sehingga masyarakat tahu bahwa di Jawa Barat telah tumbuh perajin batik dan tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia, sindirnya.

    “Perajin Garut yang jumlahnya sekitar 15 kelompok akan membentuk kelompok tersendiri dan tetap akan bekerjasama dengan para pedagang batik”, dengan membentuk kelompok yang nantinya diharapkan dapat bersaing secara sehat dengan perajin batik lainnya khususnya diantara sesama perajin di Jawa Barat, jelas Radjib.

    Ketika disinggung maraknya batik impor khususnya dari Cina, Radjib dengan tandas mengatakan “tidak merasa takut”,  menurutnya, batik dari Cina sesungguhnya bukan batik, tapi sekedar kain yang bergambar batik saja.

    Namun demikian, pihak Pemerintah perlu mengawasai perdagangan batik nasional, khususnya yang diimport dari luar negeri, jangan sampai mematikan usaha perajin nasional, mengingat harga batik impor sangat murah dan bersifat massif.

    Perajin batik Radjib, terus melakukan usaha peningkatan kualitas hasil produksi batiknya  mengingat persaingan di dunia usaha batik semakin ketat. Selain harganya harus kompetitif, juga yang utama adalah kualitas barangnya. Perajin Radjib, saat ini mengembangkan batik, selain batik tulis halus, juga batik sutra yang konon menurutnya semakin diminati masyarakat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus