Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pertumbuhan Ekonomi Belum sentuh Kalangan Terbawah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/ekon.jpg

    BANDUNG - Pertumbuhan ekonomi 6,5% yang selama ini diandalkan pemerintah dianggap masih belum menyentuh masyarakat bawah yang hidup di pedesaan. Salah satu indikasinya adalah mereka belum banyak yang sudah menikmati pembiayaan perbankan.

    Pengamat Ekonomi yang juga pengajar di Institut Pertanian Bogor (IPB) Ahmad Subagja mengatakan, dari total populasi Indonesia, baru 50% yang mendapat pembiayaan perbankan dan sejenisnya. Dari jumlah tersebut, sebagian besarnya masih terfokus di kota besar. Hanya sedikit perbankan nasional yang menyalurkan pembiayaan ke pelosok desa. Artinya, tingginya pembiayaan perbankan hanya dinikmati masyarakat kelas menengah atas.

    "Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan minimnya jumlah lembaga dan produk pembiayaan mikro, yang hanya mencapai 12% dari total jumlah desa di Indonesia," ujar Ahmad.  Apalagi pertumbuhan ekonomi nasional lebih banyak diukur berdasarkan besaran investasi. Padahal, investasi tidak seluruhnya menyentuh masyarakat bawah. Oleh karenanya, dia berharap, kalangan perbankan harus banyak melakukan intermediasi dengan gresroot.

    "Masalah kalangan gresroot berhenti pada soal jaminan kredit. Itu harus dicari jalan keluarnya. Mikro finance masih dianggap pinggiran. Padahal, potensinya sangat besar. Ini yang harus di dorong oleh pemerintah," pungkas dia.

     

    (gambar dari ekon.go.id)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus