Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Ciamis Gelar Upacara dan Ziarah ke Makam Pahlawan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_40089.jpg

    Ciamis,- Pemerintah Kabupaten Ciamis melaksanan upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 yang dipusatkan di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis. Selasa, (10.11.2020).

    Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dengan peserta upacara terdiri dari unsur Forkopimda, TNI, POLRI, Satpol PP, DISHUB, ASN, serta tamu undangan lainnya.

    Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2020 yang diperingati dengan upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik berlangsung dengan khidmat.

    Dalam sambutannya, Bupati Herdiat mengatakan, Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. namun lebih itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua.

    "Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid 19 yang saat ini melanda dunia, ujar Bupati Herdiat.

    Meskipun dalam masa pandemi covid 19, Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 berlangsung secara sederhana namun tetap tidak memgurangi makna, bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan kesatuan dan kesatuan bangsa.

    Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong-royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hari sanubari setiap rakyat Indonesia, tambahnya.

    Dihadapan para peserta upacara, Bupati Ciamis menambahkan, semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini, tambahnya.

    "Yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa," tegas Bupati Herdiat.

    Tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu "Pahlawanku Sepanjang Masa", Bupati Ciamis mengajak para peserta semua untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara.

    "Yuk...! mari kita tunjukan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama saling menghargai dan menghormati satu sama lain," imbuh Bupati.

    Sebagaimana ungkapan salah seorang "the founding father" kita Soekarno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar, jelasnya.

    ditambahkan Bupati Herdiat, maka dari itu, mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu dan bergotong-royong mengisi kemerdekaan membangun negeri, jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini, tambahnya. .

    "Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia, tegasnya.

    Lebih lanjut Bupati mengatakan pahlawan masa kini adalah mereka yang menyebarkan kebaikan di lingkungan sekitar, mereka pahlawan masa kini adalah mereka yang membangkitkan semangat orang lain untuk berbuat hal yang positif, jelasnya.

    "Kita semua bisa dan memiliki kesempatan sama untuk menjadi pahlawan dengan mewujudkan Kabupaten Ciamis yang agamis, inovatif dan sinergis, ujarnya.

    Di penghujung acara, Bupati Ciamis mengajak kepada semua peserta upacara.

    "Ciamis memerlukan pahlawan-pahlawan di berbagai bidang, untuk itu mari terus berjuang, tulus bekerja, berkarya untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi daerah, dan pahlawan bangsa dan negara, ujarnya.

    "Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada Bangsa Indonesia," pungkasnya.

    Acara Peringatan Hari Pahlawan. diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada janda perintis kemerdekaan serta dilanjutkan dengan ziarah serta tabur bunga ke Taman Makan Pahlawan. (diskominfo.cucu)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus