Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Serahkan Penghargaan PBB-P2

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1622.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyerahkan Penghargaan dan Bantuan Keuangan kepada  22 Pemerintah Kabupaten/Kota serta 23 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama yang berhasil meraih prestasi dalam pemungutan dan pengelolaan administrasi PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan tahun 2011. Adapun nilai bantuan keuangan mencapai Rp 5,85 miliar meningkat dari tahun 2010 yang sebesar Rp 4,5 miliar. Khusus untuk Pemerintah Kabupaten Bogor dan Kota Depok, Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasih, karena telah mengelola pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sektor Perdesaan dan Perkotaan (P2) menjadi pajak daerah secara mandiri.

    Berdasarkan hasil evaluasi kinerja Tim Intensifikasi PBB Provinsi Jawa Barat, realisasi PBB-P2tTahun 2011 mencapai Rp. 1,324 triliun atau 100,74% dari rencana penerimaan tahun 2011 sebesar Rp. 1,314 triliun. Jika dibandingkan realisasi tahun 2010 yang mencapai Rp. 1,254 triliun atau hanya 94,49% dari rencana penerimaan tahun 2010 sebesar Rp. 1,327 triliun. Realisasi penerimaan tahun 2011 secara nominal mengalami peningkatkan sebesar Rp. 69,7 miliar atau naik sekitar 5,26% dari realisasi tahun 2010. Peningkatan realisasi penerimaan tersebut, diikuti dengan bertambahnya penerima penghargaan yang pada tahun 2010 hanya 33, menjadi 45 pada tahun 2011.

     

    “Penyerahan Penghargaan dan Bantuan Keuangan didasarkan pada hasil evaluasi kinerja Tim Intensifikasi PBB Provinsi Jawa Barat. Untuk memotivasi Pemerintah Kabupaten/Kota serta KPP Pratama se-Jawa Barat, dalam rangka mengoptimalkan penerimaan PBB-P2, sebagai sumber pendanaan daerah guna menunjang keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten/Kota masing-masing. Hal ini sekaligus   menjadi bukti bahwa pada tahun 2011 Provinsi Jawa Barat  dapat mewujudkan “Provinsi Lunas PBB Sektor Perdesaan dan Perkotaan”,” tegas Heryawan di Halaman Gedung Sate, Jl Diponegoro 22, Senin (27/2) pagi usai menyerahkan bantuan keuangan dan penghargaan.

    Lebih lanjut Heryawan menegaskan dalam struktur penerimaan negara, penerimaan perpajakan memiliki peranan yang strategis. Karena menjadi komponen terbesar serta sumber utama penerimaan dalam negeri, guna membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan nasional. Selanjutnya berkaitan dengan rencana penerimaan PBB-P2 tahun 2012 yang akan ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak pada bulan Maret mendatang, “Berdasarkan data Kanwil Direktorat Jenderal Pajak,  saat ini jumlah Objek Pajak PBB di Jawa Barat mencapai 18,8 juta Objek Pajak (OP), meningkat sekitar 1,4 juta dari OP tahun 2011. Sehingga diperkirakan rencana penerimaan PBB-P2 tahun 2012 di Jawa Barat akan meningkat,” tuturnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus