Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kang Emil Dinobatkan Sebagai 'Pendekar Jawa Barat'

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_40552.jpg

    BANDUNG - 'Pendekar Jawa Barat', gelar itulah yang kini menempel pada diri seorang Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Penobatan itu diberikan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar di Gedung Sate, Sabtu (12/12/2020). 

    Penobatan Kang Emil sebagai Pendekar Jawa Barat berkaitan dengan jasa dan kiprahnya dalam memajukan Pencak Silat, termasuk upayanya hingga Pencak Silat dijadikan warisan dunia tak benda oleh Unesco 12 Desember 2019.  Menanggapi penobatan itu Kang Emil berujar bahwa hal itu sudah menjadi kewajibannya sebagai putra Jawa Barat sekaligus sebagai pejabat publik. bahkan sejak Saya Wali Kota dulu" ujarnya.

    Seperti diketahui pada saat menjabat Wali Kota Bandung, Kang Emil berpidato di hadapan PBB mempresentasikan Pencak Silat yang layak dijadikan warisan dunia tak benda.

    "Alhamdulillah atas dukungan masyarakat Jawa Barat dan terutama para penggiat, cita-cita itu terwujud, tanggal 12 Desember 2019 bertempat di Bogota Amerika Selatan, Unesco menetapkan Pencak Silat sebagai warisan dunia tak benda, yang harus kita rawat seterusnya" papar Kang Emil.

    Upaya selanjutnya menurut Kang Emil, Pemprov Jabar sudah mengalokasikan tanah seluas kurang lebih 5-8 hektar di Jatinangor Kabupaten Sumedang untuk dijadikan pusat budaya Jawa Barat.

    "Untuk semua budaya, termasuk Pencak Silat. Jadi nanti kalau suatu hari Unesco datang ke Jawa Barat, kita bisa membuktikan kesungguhan pelestarian yang kita lakukan" katanya.

    Selain itu Kang Emil juga menyebutkan bahwa Pemprov sudah merancang Pencak Silat sebagai kurikulum yang diajarkan di sekolah-sekolah.

    "Insya Allah kita akan mulai di tahun ajaran baru nanti" ucapnya.

    Dalam kesempatan itu Kang Emil juga mendeklarasikan tanggal 12 Desember sebagai hari Pencak Silat Jawa Barat, dan akan diusulkan menjadi hari Pencak Silat Nasional bahkan Dunia. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus