Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    SISNAKER Sebagai Solusi Atasi Pengangguran di Garut

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_40680.jpg

    GARUT, Tarogong Kidul - Salah satu dampak dari adanya wabah pandemi Covid-19 ini adalah maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dibeberapa perusahaan di Indonesia, termasuk Kabupaten Garut.

    Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, menerapkan program 3 in 1 atau Sisnaker untuk memudahkan pencarian lapangan kerja bagi masyarakat. Sisnaker sendiri adalah suatu ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah.

    "Jadi yang dimaksud kios three in one ini adalah three nya itu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam hal ini pencari kerja, jadi kita gabungkan dengan kios three in one," ujar Kepala Dinskertran Garut, Erna Sugiarti, di Kantornya, Senin (21/12/2020). 

    Dalam kios 3 in 1 ini, lanjut Erna, para pencari kerja bisa mengakses dan mengetahui pelatihan apa saja yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK). "Kios three in one ini adalah sebuah aplikasi yang dikenal dengan nama sisnaker, dapat diakses pada kemenaker.go.id, nah disini masyarakat yang mencari kerja mereka bisa mengakses ada pelatihan apa saja yang dilaksanakan di tiap-tiap balai latihan kerja, kemudian mereka untuk meningkatkan skillnya masing-masing sesuai dengan keahliannya masing-masing mereka bisa mengakses mengikuti pelatihan apa saja," ucapnya, didampingi Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek, Ricky Rizki Darajat dan Kepala Bidang Produktifitas dan Kompetensi Kerja Dani Ramdani.

    Aplikasi sisnaker ini, tutur Erna, sudah melingkupi kebutuhan berbagai elemen seperti masyarakat, perusahaan dan lembaga pelatihan/pemagangan.

    Untuk program ini, pemerintah menjadi fasilitator antar perusahaan dan pencari kerja. "Pemerintah ini adalah untuk mempertemukan (atau) fasilitator mempertemukan antara pencari kerja dan perusahaan, jadi perusahaan ini bisa mengakses juga kedalam aplikasi kios three in one ini, untuk mencari calon-calon tenaga kerja yang memang sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri, ini yang disebut kios three in one ini yang memang sekarang dunia usaha langsung dipertemukan dengan pencari kerja." tuturnya.

    Aplikasi ini memiliki banyak kemudahan untuk seluruh stake holder baik dari pencari kerja dalam mencari lowongan kerja, maupun Perusahaan dalam menilai calon pekerja.

    Selain itu,dengan menggunakan Sisnaker, peserta yang telah lulus pelatihan, telah memiliki sertifikat dan belum bekerja dalam kurun waktu tertentu, dapat secara otomatis mendapatkan insentif pemerintah berupa Insentif Kartu Prakerja.

    Saat ini di Kabupaten Garut sendiri, ada sekitar 711 perusahaan yang terdiri dari 130 perusahaan dengan skala besar, 321 perusahaan dengan skala  sedang, dan 260 perusahaan dengan skala kecil, dengan jumlah tenaga kerja sekitar 48.781 orang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus