Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kondisi Air Sungai Citarum Terus Membaik

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_40920.jpg

    BANDUNG - Kualitas air Sungai Citarum kini semakin membaik. Tiga tahun lalu, kualitas sungai masih tercemar berat, namun kini statusnya sudah tercemar ringan.

    "Tadi kami bersama forkopimda melakukan susur sungai dari Oxbow Bojongsoang Sektor 6, alhamdulillah sampah sudah mulai berkurang, tidak ada lagi bangunan yang menempel ke sungai dan status sungai sudah membaik, artinya progres Citarum Harum sudah luar biasa," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai memantau Sungai Citarum di titik Kolam Retensi Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (13/1/2021).

    Untuk membuktikannya, gubernur bersama Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi menabur benih ikan di Citarum. Menurutnya Citarum kini sudah menjadi ekosistem ikan yang baik.

    "Setelah ikan-ikan kini sudah bisa hidup dengan baik, ratusan ribu ekor kita tabur. Selanjutnya jika ikan survive, aktifitas manusia akan semakin nyaman berkegiatan di Citarum," tegasnya.

    Sementara itu menurutnya program Citarum Harum tahun ini masih akan sama dengan tahun sebelumnya, yakni terus berupaya terus menjadikan air semakin bersih. Dengan fokus pada penghijauan di hulu dan lereng bukit yang sudah gundul.

    "Selain tabur benih, tadi juga kota tanam pohon," ujar gubernur.

    Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menambahkan sesuai Perpres Nomor 15 tahun 2018,  diberikan waktu untuk mengembalikan Citarum menjadi sungai bebas dari pencemaran selama tujuh tahun.

    "Tahun ini akita memasuki tahun ke empat. Tahun 2018 lalu tercemar berat, sekarang sudah ringan. Dulu kita tabur ikan, tidak bisa hidup dalam tiga hari, kini ikan sudah bisa survive," tegasnya.

    Citarum menurutnya akan menjadi urat nadi Jabar sekaligus berada depan bagi rumah warga Jabar. Sehingga ia berharap andil masyarakat secara bersama-sama ikut menjaga Citarum.

    Ia menegaskan selain gubernur dan dirinya, Kapolda Jabar juga menjadi salah satu komandan dalam penegakan hukum di Satgas Citarum Harum.

    "Jadi apabila ada pabrik-pabrik yang tetap membuang limbah ke Sungai Citarum, pasti akan ditertibkan," tegasnya. (teguh/fauziah)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus