Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cegah Banjir, Pemkot Bandung Normalisasi Sungai Citepus

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41198.jpg

    KOTA BANDUNG- Pemerintah Kota Bandung terus berupaya menangani masalah banjir di Kota Bandung, salah satunya dengan melakukan normalisasi sungai-sungai.

    Untuk itu, Pemkot Bandung berkolaborasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum serta Sektor 22 Citarum Harum akan melakukan normalisasi Sungai Citepus.

    Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, kawasan tersebut cukup sempit untuk aliran sungai, karena terdapat bangunan yang berada di bantaran itu karenanya beberapa bangunan sudah diterbitkan dan rata dengan tanah, tinggal melaksanakan normalisasi sebagai tindak lanjut. 

    "Kita meninjau di wilayah Sukamulya, karena membongkar beberapa bangunan yang ada di badan sungai. Alhamdulilah berjalan baik," ucap Yana, saat meninjau bantaran sungai Citepus di Jalan Sukamulya Kecamatan Sukajadi, Kamis (04/02/2021).

    Setelah meninjau di kawasan Sukamulya, Yana didampingi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi, Camat Sukajadi, TB. Agus Mulyadi dan Kepala BBWS Citarum, Anang Muchlis melanjutkan peninjauan ke kawasan Karasak Kecamatan Astana Anyar. 

    Saat meninjau aliran sungai, tepat di belakang Rumah Makan Ampera Soekarno-Hatta, Yana melihat terdapat pengikisan tanah yang nantinya bisa menimbulkan runtuhnya bangunan. 

    "Di sini coba cari jalan akses masuk dulu dan melakukan normalisasi sungai Citepus ini," katanya. 

    Didampingi Camat Astana Anyar, Syukur Sabar dan Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel Inf Eppy Gustiawan, Yana berharap, normalisasi sungai mampu memberikan aliran yang lancar dan tidak lagi terjadi banjir. 

    Sementara itu, Kepala BBWS Citarum, Anang Muchlis menyampaikan, banjir yang terjadi di Kota Bandung selain drainase, terdapat beberapa sungai yang mengalami penyempitan. 

    "Banjir yang terjadi di Bandung itu selain drainase ada beberapa sungai mengalami penyempitan. Itu sempit dan pendangkalan, harus dilakukan normalisasi," jelasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus