Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    LIPI Hibahkan Alat Penanganan Covid-19 ke RSHS Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41205.jpg

    Bandung, Humas LIPI - Perang melawan pandemi Covid-19 masih terus berlangsung hingga hari ini. Kendati vaksin telah mulai didistribusikan, namun perawatan bagi para pasien terkonfirmasi terus berjalan. Data Satgas Penanganan Covid-19 per 3 Februari 2021 menunjukan angka kesembuhan kumulatif mencapai lebih dari sembilan ratus ribu dan diharapkan untuk terus bertambah. Untuk mendukung upaya tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghibahkan produk riset alat sterilisasi Covid-19, yaitu Robot Otonom Multiguna 2020 (ROM20) dan ?Simple- Smart UV-C Sanitizer (Si-SUSan), kepada Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung (RSHS), Rabu (3/2).

    Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono, menjelaskan bahwa semenjak World Health Organization secara resmi mengumumkan pandemi Covid-19, LIPI telah mengalihkan fokus risetnya untuk penanganan pandemi ini. Beberapa hasil riset tersebut pun telah berhasil mendapatkan lisensi dan dikomersialkan. “Dua di antara sekian produk riset COVID-19 yang dihasilkan adalah ROM20 dan Si-Susan. Keduanya merupakan hibah LIPI-KemenristekBRIN melalui Program Bakti Inovasi bagi RSHS sebagai bentuk kepedulian LIPI terhadap para tenaga medis yang terus bekerja menangani para pasien Covid-19,” ungkap Agus.

    Peneliti Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI, Hendri Maja Saputra, menjelaskan Robot Otonom Multiguna 20 (ROM20) merupakan alat sterilisasi yang dilengkapi dengan tiga buah subsistem multiguna yang bersifat modular, yaitu subsistem lampu UV-C, subsistem penyemprot disinfektan, dan subsistem panel penghangat makanan. Selain itu, ROM20 dapat dikendalikan dengan menggunakan wireless remote dan modul bluetooth dari perangkat HP/gadget/smartphone dengan jarak kendali hingga dua pulub tiga meter, dilengkapi roda yang bisa bergerak ke banyak arah, serta berkemampuan menghindari rintangan dan mengikuti garis lajur. Sementara itu, Si-Susan atau Simple Smart UV-C Sanitizer adalah perangkat sterilisasi ruang portable menggunakan sinar UV-C yang dikendalikan secara cerdas untuk sterilisasi virus Covid-19. Si-Susan dioperasikan dengan menggunakan aplikasi berbasis android.

    “Harapannya tentu dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak sebagai sarana fungsional mengatasi pandemi COVID-19,” kata Hendri yang juga merupakan koordinator riset ROM20.

    Direktur Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin Bandung (RSHS), dr. R. Nina Susana Dewi mengungkapkan bahwa ROM20 dan Si-Susan adalah alat tercanggih yang RSHS terima dari hibah sejauh ini. “Kehadiran ROM20 dan Si-Susan akan sangat membantu efektivitas dan efisiensi para petugas RSHS, terlebih di tengah meningkatnya jumlah pasien konfirmasi yang memenuhi ruangan – ruangan khusus perawatan Covid-19,” ujar dr. Nina.

    “Mewakili direksi dan seluruh sivitas RS. Dokter Hasan Sadikin mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dari LIPI ini mudah - mudahan kerja sama kita terus berlanjut,” tuturnya menambahkan.

    Sebelumnya, pada Juli 2020 LIPI juga telah menyerahkan Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula- 01 (GLP HFNC-01), yaitu produk alat terapi oksigen beraliran tinggi yang pertama di Indonesia ke RS. Hasan Sadikin. Saat ini GLP HFNC-01 telah banyak digunakan untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit lainnya di Indonesia. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus