Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jaga Alam Sesuai Dasa Dharma Pramuka

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_3066.JPG

    Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat, Dede Yusuf Effendi, Kamis (15/3) hadir dalam acara Budidaya Singkong Ketela Pohon dan Use Of Bamboo for Survival Messenger of Peace Programe di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor yang dilakukan oleh Anggota Pramuka Kwartir Jawa Barat.  

    Dede Yusuf mengajak para anggota pramuka yang hadir untuk mempertahankan negara yang saat ini sedang mendorong ketahanan pangan, ketahanan energi, ketahanan air dan ketahanan ekonomi.  Caranya dengan melestarikan budaya, menjaga lingkungan  dan menjaga alam sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

    Acara Budidaya Singkong Ketela Pohon dan Use Of Bamboo for Survival Messenger of Peace Programe ini ditujukan untuk memberikan peran kepada gerakan pramuka dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. Pada kesempatan acara tersebut,  Ketua Kwarda Jawa Barat berkesempatan melakukan penanaman pohon bambo dan singkong.  Kegiatan  penanaman pohon bambu  tersebut merupakan bantuan dari Swedia dan bekerjasama dengan Adibrata Foundation.

    Jumlah pohon bamboo yang akan ditanam di sekitar Bumi Perkemahan Kiarapayung tersebut sebanyak 400 lubang. Sedangkan sebagai sarana kemandirian pangan dan energy ditanam pula singkong di lahan seluas 8 hektar  untuk 40.000 bibit yang akan ditanam secara bertahap.  Untuk wilayah Jatinangor sebagai ujicoba ditanam sebanyak 10.000 bibit dengan luas lahan 4 hektar.

    Untuk mempertahankan kelestarian alam dan menjaga lingkungan,  Ketua Kwarda Jawa Barat ingin menjawab berbagai tantangan dengan cara : Gawir diawian,  lebak dicaian, leuweung dikaian,  huma diparean.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus